“PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MATERI AKU CINTA NABI DAN RASUL KELAS IV SDN 4 DUKUHWALUH TAHUN PELAJARAN 2018/2019”

Laela, Isro’ Ria Indah Sari (2019) “PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MATERI AKU CINTA NABI DAN RASUL KELAS IV SDN 4 DUKUHWALUH TAHUN PELAJARAN 2018/2019”. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
PSI FULL ISRO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Hasil belajar siswa sangat ditentukan dalam proses pembelajaran. Pendidikan formal memiliki pengaruh dalam pencapaian keberhasilan hasil siswa untuk mencapai tujuan yaitu, kurikulum, guru, siswa, sarana prasarana, dan model. Aspek keberhasilan siswa dilihat dari hasil pembelajaran dikelas, masih banyak guru menggunakan metode pembelajaran yang dijumpai belum bervariatif dan cenderung berpusat pada guru. Pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) merupakan metode fokus pada cara pengintegrasian antara tugas-tugas yang melibatkan siswa dalam kerjasama berkelompok sehingga mampu menghidupkan suasana belajar dan meningkatkan hasil belajar di dalam kelas. Terkait dengan pemilihan model pembelajaran guru dituntut untuk dapat memilih model pembelajaran yang akan digunakan dalam interaksi proses belajar mengajar dan mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam materi aku cinta nabi dan rasul siswa kelas IV dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT). Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK), jenis ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data adalah hasil tes dan non tes siswa bertujuan untuk mengetahui persentase penerapan hasil belajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV di SDN 4 Dukuhwaluh dengan jumlah yaitu 21 anak dengan 8 perempuan dan 13 laki-laki. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam materi aku cinta nabi dan rasul kelas IV telah dilaksanakan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun langkah-langkah pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) ini hasil belajar siswa meningkat, nilai rata-rata dan prosentase keberhasilan siswa dari pra siklus hingga pemberian tahap siklus II. Nilai rata-rata kelas IV yang diperoleh pada pra siklus adalah 66,95, siklus I nilai rata-rata kelas adalah 77,14, dan siklus II nilai rata-rata diperoleh 85,43. Dengan demikian dapat dikatakan kelas IV SD Negeri 4 Dukuhwaluh berhasil dalam menerapkan pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, pembelajaran kooperatif, Teams Games Tournament (TGT).
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Mitra Pustakawan
Date Deposited: 09 Dec 2019 00:52
Last Modified: 09 Dec 2019 00:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6750

Actions (login required)

View Item View Item