PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI TATA CARA WUDHU DI KELAS II SD NEGERI 3 BOJONG KECAMATAN PURBALINGGA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Kurniawati, Yeni (2019) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI TATA CARA WUDHU DI KELAS II SD NEGERI 3 BOJONG KECAMATAN PURBALINGGA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR ISI.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
YENI KURNIAWATI__Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata .pdf

Download (964kB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Media pembelajaran memberikan banyak manfaat dalam pembelajaran diantaranya yaitu memperjelas pesan, mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera serta memberikan rangsangan pada siswa.Salah satu media pembelajaran yaitu media audio visual.Media audio visual yaitu media yang mengandung unsur audio dan visual.Media audio visual mempunyai keunggulan karena melibatkan beberapa indera sekaligus yaitu indera pendengaran dan indera penglihatan.Media ini sangat sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi tata cara wudhu karena media ini dapat mengatasi kesulitan yang dihadapi dalam pembelajaran tersebut. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi tata cara wudhu melalui media audio visual pada siswa kelas II SD Negeri 3 Bojong Kecamatan Purbalingga Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis PTK. Urutan kegiatan penelitian mencakup: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan pengukuran hasil belajar.Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah analisa deskriptif yang terdiri atas 3 (tiga) alur kegiatan yang berlangsung secara bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran audio visual terbukti dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi tata cara wudhu di SD Negeri 3 Bojong Kecamatan Purbalingga. Hal ini dapat dilihat pada tabel pra siklus sampai siklus II menunjukan peningkatan yang cukup signifikan, yaitu dari 8 siswa (44,44%) menjadi 15 siswa (83,33%). Nilai rata-rata juga meningkat dari 61,11 menjadi 75. Berdasarkan penelitian ini hendaknya guru mampu memilih media pembelajaran yang sesuai sehingga siswa dapat termotivasi untuk belajar.Dalam hal ini, guru dapat menggunakan media audio visual dalam pembelajarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Audio Visual, Hasil Belajar, PAI
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 06 Dec 2019 09:06
Last Modified: 06 Dec 2019 09:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6741

Actions (login required)

View Item View Item