PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI PADA MATERI PERILAKU PENYAYANG TERHADAP LINGKUNGAN DI KELAS III SD NEGERI 3 LARANGAN KECAMATAN PENGADEGAN KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Surahman, Eko (2019) PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI PADA MATERI PERILAKU PENYAYANG TERHADAP LINGKUNGAN DI KELAS III SD NEGERI 3 LARANGAN KECAMATAN PENGADEGAN KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER BAB I BAB V DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN H.pdf

Download (936kB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PAI pada materi perilaku penyayang terhadap lingkungan di kelas III SD Negeri 3 Larangan Kecamatan Pengadegan Kabupaten Purbalingga dari 11 siswa sebesar 45% yang tuntas. Tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran PAI pada materi perilaku penyayang terhadap lingkungan di kelas III melalui penerepan metode problem based learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar pada setiap akhir siklusnya, alat pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar panduan observasi dan soal-soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa pada siklus I ranah kognitif nilai rata-rata pretest 47,72 posttest 70 persentase 63,6% yang artinya dari 11 siswa baru 7 yang mampu mencapai nilai KKM. Hasil ranah afektif presentase 63% nilai rata-rata 69,09 sedangkan ranah psikomotorik 63% rata-rata nilai 71,81. Skor N-gain siklus I sebesar 0,427 dengan kategori sedang. Pada siklus II nilai rata-rata pretest 62,72 posttest 80 dengan presentase 82% . Skor N-gain siklus II sebesar 0,486 dengan kategori sedang, kinerja guru nilai 83,6 dalam kategori sangat baik, afektif nilai rata-rata 81,8 sebesar 82%, psikomotorik nilai rata-rata 82,7 dengan 82%. Jadi artinya terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I dengan skor 0,427 di siklus II menjadi 0,486 dengan ketuntasan 82%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Problem Based Learning, PAI
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 05 Dec 2019 04:17
Last Modified: 05 Dec 2019 04:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6720

Actions (login required)

View Item View Item