IMPLEMENTASI EVALUASI PROSES DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V MI MIFTAHUL AFKAR DESA BUMIAYU KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES

Azkiyah, Khulyatul (2019) IMPLEMENTASI EVALUASI PROSES DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V MI MIFTAHUL AFKAR DESA BUMIAYU KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER, BAB I PENDAHULUAN, BAB V PENUTUP, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Khulyatul Azkiyah_IMPLEMENTASI EVALUASI PROSES DALAM PEMBELA.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Proses pembelajaran dipandang sebagai proses perubahan tingkah laku, maka peran evaluasi proses pembelajaran menjadi sangat penting. Evaluasi proses dimaksudkan untuk memberikan umpan balik secara periodik dalam pelaksanaan program. Dengan adanya evaluasi dalam proses pembelajaran bisa menghasilkan peserta didik yang mempunyai aspek kognitif afektif dan psikomotorik. Pembelajaran tematik merupakan salah satu model pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang implementasi evaluasi proses dalam pembelajaran tematik kelas V MI Miftahul Afkar Desa Bumiayu Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes yang meliputi beberapa tahapan dalam mengevaluasi proses dalam pembelajaran tematik. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dokumentasi. Metode observasi digunakan untuk menggali data dari lapangan tentang implementasi evaluasi proses dalam pembelajaran tematik kelas V MI Miftahul Afkar. Metode wawancara digunakan untuk mendapatkan informasi dari berbagai pihak yang berhubungan dengan proses penelitian mengenai Implementasi evluasi proses dalam pembelajaran tematik kelas V MI Miftahul Afkar. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang gambaran umum MI Miftahul Afkar Desa Bumiayu Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes dan foto-foto pelaksanaan Implementasi evaluasi proses dalam pembelajaran tematik. Untuk menganalisis data, penulis melakukan penelaahan seluruh data, redukasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini bahwa implementasi evaluasi proses dalam pembelajaran tematik meliputi perencanaan dan pelaksaanaan. Dalam perencanaannya pendidik melakukan pretes, melihat perkembangan belajar peserta didik, postes. Dalam pelaksanaannya pendidik memulai evaluasi selama pembelajaran berlangsung, pendidik selalu memperhatikan peserta didik agar tetap fokus dan lebih bersemangat dalam belajar agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Evaluasi ini termasuk jenis evaluasi formatif. Ada Aspek kognitif, afektif, psikomotorik yang harus dicapai peserta didik, cara pendidik untuk mengetahuinya yaitu memberikan pertanyaan siswa menjawab, mampu mengeluarkan pendapat dan juga dilahat dari sikap menghargai teman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Evaluasi Proses, Pembelajaran Tematik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 02 Dec 2019 08:13
Last Modified: 02 Dec 2019 08:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6679

Actions (login required)

View Item View Item