IMPLEMENTASI METODE ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK ASPEK BAHASA INDONESIA KELAS IA MI COKROAMINOTO PURWASANA KECAMATAN PUNGGELAN KABUPATEN BANJARNEGARA

Anida, Ryzqyana (2019) IMPLEMENTASI METODE ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK ASPEK BAHASA INDONESIA KELAS IA MI COKROAMINOTO PURWASANA KECAMATAN PUNGGELAN KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ANIDA RYZQYANA_IMPLEMENTASI METODE ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK ASPEK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Metode role playing adalah metode pembelajaran yang bertujuan untuk membantu siswa menemukan makna diri (jati diri) didunia sosial dan memecahkan dilema dengan bantuan kelompok. Artinya, melalui bermain peran siswa belajar menggunakan konsep peran, menyadari adanya peran-peran yang berbeda dan memikirkan perilaku dirinya dan perilaku orang lain Rumusan masalah penelitian ini adalah “ Bagaimana Implementasi Metode Role Playing Dalam Pembelajaran Tematik Aspek Bahasa Indonesia Kelas IA Di MI Cokroaminoto Purwasana Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara?”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Metode Role Playing Dalam Pembelajaran Tematik Aspek Bahasa Indonesia Kelas IA Di MI Cokroaminoto Purwasana Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (fieldresearch). Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif-kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari guru kelas IA, siswa kelas IA, dan kepala madrasah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru telah mengiplementasikan Metode Role Playing Dalam Pembelajaran Tematik Aspek Bahasa Indonesia kelas IA melalui tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Pada tahap perencanaan meliputi penyusunan RPP dan seluruh komponen yang terdapat dalam RPP. Tahap pelaksanaan yang dilakukan guru meliputi kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Kegiatan awal dilakukan guru dengan cara memberi motivasi, memusatkan perhatian dan pembiasaan sebelum pembelajaran. kegiatan inti guru mengimplementasikan metode role playing melalui langkah-langkah dari role playing tersebut. Kegiatan akhir, guru memberikan kesimpulan dari materi pembelajaran. tahap evaluasi dilakukan melalui kegiatan tes tertulis dan tidak tertulis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Role Playing, Pembelajaran Tematik, Aspek Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 02 Dec 2019 08:04
Last Modified: 02 Dec 2019 08:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6678

Actions (login required)

View Item View Item