PERAN WALI KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI MI MA’ARIF NU BEJI KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS

Lutfi Annisatul Ummah, 1522405020 (2019) PERAN WALI KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI MI MA’ARIF NU BEJI KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (19MB) | Preview
[img] Text
COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB IV_BAB V DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB)

Abstract

Peran Wali Kelas V dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MI Ma’arif NU Beji. Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran wali kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Ma’arif NU Beji Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang yang terdiri dari 1 orang kepala sekolah, 1 wali kelas, 1 orang guru mata pelajaran, 1 orang wali siswa dan 1 siswa kelas 5. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan, bahwa wali kelas V MI Ma’arif NU Beji Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas sudah melaksanakan perannya dalam memotivasi siswa dengan baik namun belum maksimal. Hal ini dilihat dari ke empat deskripsi fokus yaitu peran wali kelas sebagai : 1) Sebagai pimpinan menengah (middle manager), berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa wali kelas sudah emnjalankan perannya dengan baik dilihat dari wali kelas yang sudah menjadi pimpinan yang baik dan menjadi teladan bagi siswa serta wali kelas ikut berpartisipasi dalam pengelolaan kelas; 2). Sebagai mitra siswa, hasil penelitian menunjukan bahwa wali kelas sudah melakukan perannya dengan baik dibuktikan dengan keakraban antara siswa dan wali kelas, wali kelas yang menjadi konselor bagi siswa, serta wali kelas turut memberikan saran atau solusi terhadap masalah yang dialami siswa, membantu mengembangkan keterampilan dan kecerdasan siswa serta pemberian reward dan punishment kepada siswa untuk mendorong motivasi belajar siswa; 3). Sebagai mitra orang tua siswa, berdasarkan hasil penelitian wali kelas menjalankan perannya dengan kurang maksimal, karena kurangnya komunikasi yang terjadi antara wali kelas dengan orang tua siswa; 4). Sebagai mitra guru bidang studi, peran wali kelas dalam hal ini juga kurang maksimal karena kurangnya kerja sama antara wali kelas dengan guru mata pelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Wali Kelas, Motivasi Belajar, MI Ma’arif NU Beji
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.15 Psychology of Education
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 02 Dec 2019 02:43
Last Modified: 02 Dec 2019 02:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6670

Actions (login required)

View Item View Item