PROFESIONALISME GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWADI MI MA’ARIF 11 PUCUNG KIDUL KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP

Priyo Darojat, 1423305253 (2019) PROFESIONALISME GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWADI MI MA’ARIF 11 PUCUNG KIDUL KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (744kB) | Preview
[img] Text
COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB IV_BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Guru merupakan komponen terpenting dalam sistem pendidikan secara keseluruhan. Karena di tangan gurulah kurikulum, sumber belajar, sarana dan prasarana, menjadi sesuatu yang berarti bagi keberhasilan peserta didik. Hasil belajar digunakan sebagai ukuran untuk mengetahui seberapa jauh seseorang menguasai bahan yang sudah diajarkan. Persoalan yang akan dibahas dalam skripsi ini adalah profesionalisme guru dan upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MI Ma’arif 11 Pucung Kidul kecamatan Kroya kabupaten Cilacap. Penelitian yang peneliti gunakan dalam skripsi ini adalah jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif. Tempat penelitian di MI Ma’arif 11 Pucung Kidul. Subjek utama dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru kelas IV dan V. Data primer diperoleh melalui wawancara dilanjutkan dengan observasi dengan subjek penelitian. Selanjutnya hasil data yang diperoleh dianalisis dan disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian yang penulis simpulkan bahwa profesionalisme guru di MI Ma’arif 11 Pucung Kidul dalam menguasai kompetensi guru sudah baik sesuai indikator Kompetensi guru yang disajikan berdasarkan pedoman Kompetensi dan Sub Kompetensi Guru dalam Sertifikasi Direktorat Ketenagaan Ditjen Dikti (Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi) dan Direktorat Profesi Pendidik Ditjen PMPTK (Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan) Depdiknas (Departemen Pendidikan Nasional). Upaya yang dilakukan guru di MI Ma’arif 11 Pucung Kidul dalam meningkatkan hasil belajar siswa adalah (1) mengembangkan kecerdasan emosional; (2) mengembangkan kreativitas dalam pembelajaran; (3) mendisiplinkan peserta didik dengan kasih sayang; (4) membangkitkan motivasi belajar; (5) mendayagunakan sumber belajar. Kata Kunci: Profesionalisme, Kompetensi, Belajar, Hasil, Guru, Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme, Kompetensi, Belajar, Hasil, Guru, Siswa.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 29 Nov 2019 03:03
Last Modified: 29 Nov 2019 03:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6659

Actions (login required)

View Item View Item