IMPLEMENTASI METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI PADA MATERI BERSYUKUR ATAS NIKMAT ALLAH DI KELAS I SD NEGERI 1 KABUNDERAN KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

FANI ISTIKOMAH, 1522402226 (2019) IMPLEMENTASI METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI PADA MATERI BERSYUKUR ATAS NIKMAT ALLAH DI KELAS I SD NEGERI 1 KABUNDERAN KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER BAB I BAB V DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (982kB) | Preview
[img] Text
IMPLEMENTASI METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PAI pada materi bersyukur di kelas I SD Negeri 1 Kabunderan Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga dari 21 siswa sebesar 47,61% yang tuntas. Tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran PAI pada materi bersyukur di kelas I melalui penerepan metode role playing. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar pada setiap akhir siklusnya, alat pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar panduan observasi dan soal-soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa pada siklus I ranah kognitif nilai rata-rata pretest 62,1 posttest 71,4 dengan N-Gain 0,254 dan pencapaian KKM secara prosentase mencapai 52,3 % ranah afektif 69,9 dengan 47% presentase sedangkan ranah psikomotorik nilai 70 dan presentase 47%. Pada siklus II nilai rata-rata pretest rata-rata 67,8 setelah melalui tindakan meningkat menjadi 80 dengan N-Gain 0,397 dan pencapaian KKM secara prosentase mencapai 81%.Afektif nilai rata-rata 77,6 sebesar 81%, psikomotorik nilai rata-rata 78,5 dengan 81%. Jadi dengan peningkatan ini artinya berhasil dengan penerapan metode role playingterjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Kata Kunci:Hasil Belajar, Role Playing, PAI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kunci:Hasil Belajar, Role Playing, PAI
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 28 Nov 2019 03:31
Last Modified: 28 Nov 2019 03:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6648

Actions (login required)

View Item View Item