IMPLEMENTASI KEDISIPLINAN GURU KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN DI SD ISLAM TERPADU AL IRSYAD 2 PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS

Rizal, Noviyanto (2019) IMPLEMENTASI KEDISIPLINAN GURU KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN DI SD ISLAM TERPADU AL IRSYAD 2 PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
RIZAL NOVIYANTO_IMPLEMENTASI KEDISIPLINAN GURU KELAS IV DALAM PEMBELAJARAN DI SD ISLAM TERPADU A.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Adanya sikap disiplin guru sebuah keharusan bagi setiap sekolah untuk menerapkan nilai-nilai kedisiplinan, termasuk dalam proses pembelajaran, baik bagi guru maupun siswa. Salah satu diantara sekolah yang berupaya menerapkan nilai-nilai kedisiplinan adalah SD Islam Terpadu Al Irsyad 2 Purwokerto. Hal ini dikarenakan untuk meningkatkan kompetensi professional guru dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai pendidik. Oleh karena itu sekolah menerapkan sikap disiplin guru dalam pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran yang optimal dan menjadikan siswa yang berprestasi. Penelitian yang digunakan oleh penulis selama proses penelitian ini adalah metode kualitatif jenis deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan kedisiplinan guru kelas IV dalam pembelajaran di SD Islam Terpadu 2 Purwokerto Kabupaten Banyumas, dengan subjek guru, siswa kelas IV, dan kepala sekolah. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yaitu Data Reducation, data display, verification. Berdasarkan hasil penelitian diketahui implementasi Kedisiplinan Guru Kelas IV dalam Pembelajaran di SD Islam Terpadu Al Irsyad 2 Purwokerto Kabupaten Banyumas meliputi: pertama implementasikan guru dalam pembelajaran ada tiga bagian utama yakni disiplin waktu, disiplin peraturan, dan disiplin tanggung jawab, kedua adapun kedisiplinan guru dalam pembelajaran kelas IV dipengaruhi dua hal, yakni faktor internal antara lain: guru memiliki kesadaran terkait profesinya sebagai pendidik, guru menyadari bahwa akan medapatkan banyak manfaat dari berlaku disiplin salah satunya yaitu sarana untuk aktualisasi diri sendiri, serta guru menyadari bahwa ada tugas dan tanggung jawab yang dimiliki tidak dapat diselesaikan dengan baik tanpa ada sikap disiplin. Dan faktor eksternal antara lain: sekolah atau satuan pendidikan memberikan reward dan punishment terkait dengan sikap disiplin guru, adanya lingkungan sekolah yang memiliki pola kedisiplinan kerja yang tinggi, serta sarana dan prasarana yang baik seperti adanya laboratorium, ruang perpustakaan, buku-buku pelajaran, fasilitas kelas, dan media pembelajaran. Hanya ada kekurangan secara detail terkait dengan evaluasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Guru, Pembelajaran, SD IT Al Irsyad 2 Purwokerto
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 28 Nov 2019 00:01
Last Modified: 28 Nov 2019 00:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6637

Actions (login required)

View Item View Item