KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III DI SD IT TOP KIDS SOKARAJA

Nur, Chasanah (2019) KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS III DI SD IT TOP KIDS SOKARAJA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
NUR CHASANAH_KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KEL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (492kB) | Preview

Abstract

Guru adalah orang-orang yang bertanggung jawab terhadap perkembangan anak didik dengan mengupayakan perkembangan seluruh potensi anak didik, baik potensi afektif, kognitif, maupun psikomotorik. Dalam proses pembelajaran guru dituntut untuk mengoptimalkan kreativitasnya, dengan mengoptimalkan proses pembelajaran tematik dengan mengimplementasikan keterampilan mengajar guru. Seorang guru yang kreatif akan melahirkan daya tarik dan suasana belajar yang inspiratif. Aspek yang paling utama yang perlu diperhatikan sebagai guru yang kreatif adalah mampu untuk menarik dan mendorog minat siswa untuk senang dan menyukai tehadap pelajaran. Namun pada kenyataannya guru belum maksimal dalam menguasai dan menerapkan keterampilan mengajarnya. Sehingga penelitian ini memfokuskan pada kreativita guru dalam pembelajaran tematik kelas III di SD IT Top Kids Sokaraja. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (field research) yang disajikan dalam bentuk deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data, peneliti merujuk pada teknik analisis Model Interaksi Miles dan Huberman yang terdiri dari : Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan atau Verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas III SD IT Top Kids Sokaraja meliputi : kreativitas dalam membuka dan menutup pelajaran, kreativitas guru dalam mengelola kelas, kreativitas guru dalam bertanya, kreativitas guru dalam membimbing diskusi kelompok kecil, kreativitas guru dalam memberikan penguatan, dan kreativitas guru dalam mengadakan variasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Guru dan Pembelajaran Tematik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.102 Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 27 Nov 2019 23:56
Last Modified: 27 Nov 2019 23:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6636

Actions (login required)

View Item View Item