ANALISIS QSPM (QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIKS) PADA STRATEGI PEMASARAN WISATA MENGANTI (Studi Kasus Pada Wisata Menganti, Ayah, Kebumen

Lili Rahayu Usfatun Khasanah, 1522201059 (2019) ANALISIS QSPM (QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIKS) PADA STRATEGI PEMASARAN WISATA MENGANTI (Studi Kasus Pada Wisata Menganti, Ayah, Kebumen. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (473kB) | Preview
[img] Text
LILI RAHAYU USFATUN KHASANAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan pariwisata di Indonesia semakin berkembang dengan lajunya perekonomian dunia. Indonesia kaya dengan wisata alam dan budaya, dewasa ini pemerintah makin gencar mengembangkan sumber daya pariwisata yang akan direncanakan sebagai sumber devisa, oleh karena itu pemerintah menyadari pentingnya pariwisata sebagi sektor yang dapat memperbaiki taraf hidup masyarakat Indonesia secara umum dan secara khusus akan meningkatkan taraf hidup masyarakat regional, dengan kata lain akan meningkatkan pendapatan masyarakat yang bertempat tinggal dilingkungan sekitar tempat wisata. Wisata Menganti berkembang baik setiap tahunnya dibuktikan dengan jumlah pengunjung yang selalu naik dari tahun ketahun. Saat ini wisata Menganti dihadapkan pada persaingan yang ketat, selain menambah kuantitasnya pesaing juga menambah kualitasnya, maka perlu dirancang strategi pemasaran yang tepat untuk wisata Menganti. Pada penelitian ini akan diadakan analisis lingkungan wisata dengan metode analisis QSPM untuk merancang strategi pemasaran. Pada analisis QSPM dibutuhkan juga analisis IFE dan EFE, SWOT baru kemudian hasil di analisis QSPM. Wisata Menganti dari segi fisik sudah memiliki alam yang menarik hanya saja dari segi pelayanan belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan pengunjung seperti akses jalan yang terjal , jalan yang masih satu jalur dengan aktivitas warga setempat dan sebagainya. Pada metode analisis QSPM dihasilkan nilai tertinggi yaitu 85 dengan strategi yang paling menarik S-O 1 yaitu mempertahankan penetapan harga, mengoptimalkan kualitas pelayanan dan kualitas wisata Menganti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemarasan, SWOT, Analisis QSPM.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 27 Nov 2019 02:19
Last Modified: 27 Nov 2019 02:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6634

Actions (login required)

View Item View Item