STUDI ANALISIS NILAI NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB ADAB AL-'ALIM WA AL-MUTA'ALIM KARYA KH. HASYIM ASY'ARI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER

Fuad, Ma'sum (2019) STUDI ANALISIS NILAI NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB ADAB AL-'ALIM WA AL-MUTA'ALIM KARYA KH. HASYIM ASY'ARI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KARAKTER. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
COVER_BAB I _BAB II_BAB III_BAB IV_BAB V DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (799kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional tersebut maka dapat diketahui bahwa generasi bangsa yang diharapkan salah satunya ialah menjadi manusia yang berakhlak mulia (akhlaqul karimah). Oleh karena itu, perlu adanya pendidikan karakter yang sanggup menjangkau ranah nilai dan moral dari pribadi individual. Pemahaman terhadap pendidikan karakter yang baik dengan proses kegiatan belajar mengajar (KBM) yang berkualitas menjadi sebuah jurus penting dan harus diperhatikan. Karakter memiliki kaitan yang sangat erat dengan persoalan akhlak dalam kajian Islam. Salah satu kitab yang di dalamnya menawarkan tentang penjelasan berbagai macam akhlak ialah kitab Adab Al-'Alim Wa Al-Muta'alim karya KH. Hasyim Asy’ari. Esensi akhlak yang terkandung didalamnya tidaklah hanya sebatas akhlak yang ditujukan untuk peserta didik, melainkan mencakup juga untuk para pendidik dalam artian guru, untuk dapat menciptakan sebuah lingkungan yang baik disaat kegiatan belajar mengajar. Tujuan dilakukannya penelitian ini, untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Adabul ‘Alim wal Muta’alim karya KH. Hasyim Asy’ari dan relevansinya dengan pendidikan karakter. Dari hasil penelitian kemudian data dikumpulkan dan dianalisis, kemudian data tersebut direduksi, selanjutnya data tersebut disajikan dalam bentuk deskriptif dan penarikan kesimpulan. Adapun jenis penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kepustakaan atau Library research. Dalam hal ini, penulis mengkaji tentang nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab Adab Al-’Alim Wa Al-Muta’alim, lalu nilai-nilai tersebut direlevansikan dengan nilai-nilai pendidikan karakter. Hasil penelitian menunjukan bahwa Unsur-unsur nilai pendidikan akhlak yang dikembangkan dalam kitab Adab Al-'Alim Wa Al-Muta'alim meliputi: membersihkan hati, menata niat dengan baik, bersikap wara’, muroqobah, disiplin, mempertimbangkan perihal guru, patuh dan taat pada guru, bersabar akan kekasaran (ketidakramahan) dan keburukan perilaku yang muncul dari guru, semangat dalam belajar, mengakui ketidak tahuan bagi guru, produktif dalam keilmuan, mendidik peserta didik terhadap hal baik, bersemangat dalam mengajar, mengucapkan terima kasih kepada peserta didik, bertamu kepada guru, memotivasi teman-temannya dan musyawarah. Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Adab Al-'Alim Wa Al-Muta'alim memiliki relevansi dengan pendidikan karakter secara garis besar dapat disimpulkan diantaranya karakter religius, disiplin, menghargai prestasi, cinta damai, peduli sosial, kerja keras, tanggungjawab, mandiri, gemar membaca, jujur,kreatif, toleransi, dan peduli lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Adab Ta'lim, Adab Mu'alim, Guru, Mengajar
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 24 Nov 2019 23:41
Last Modified: 24 Nov 2019 23:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6599

Actions (login required)

View Item View Item