PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS MULTIKULTURAL SMP NEGERI 1 WANGON KABUPATEN BANYUMAS Fikriyyatun Diniyyah

Fikriyyatun, Diniyyah (2019) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS MULTIKULTURAL SMP NEGERI 1 WANGON KABUPATEN BANYUMAS Fikriyyatun Diniyyah. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I PENDAHULUAN_BAB V PENUTUP_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (351kB) | Preview
[img] Text
FIKRIYYATUN DINIYYAH_PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas multikultural adalah salah satu model pembelajaran pendidikan agama Islam yang dikaitkan pada keragaman yang ada, entah itu keragaman agama, paham keagamaan, etnis, bahasa dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan karena banyak kita jumpai di sekolah-sekolah umum (bukan bercirikan Islam) di dalam satu kelas saja terdiri dari berbagai siswa yang berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda. SMP Negeri 1 Wangon Kabupaten Banyumas merupakan sekolah yang di dalamnya memiliki keragaman yang berbeda yaitu keragaman paham keagamaan, agama, suku dan asal daerah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis multikultural di SMP Negeri 1 Wangon, Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru pendidikan agama Islamdan beberapa peserta didik. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan teknis analisis deskriptif kualitatif, yaitu merupakan salah satu jenis penelitian yang berusaha menggambarkan obyek secara sistematis sesuai dengan apa adanya. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam kelas multikultural adalah guru pendidikan agama Islam yang ada membuat perencanaan pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang dipakai dan juga sesuai dengan materi yang disampaikan, artinya guru PAI tidak memiliki perencanaaan secara khusus. Dalam pelaksanaan terlaksana sebagaimana yang telah direncanakan oleh guru PAI, dalam penyampaian materi pendidikan agama Islam kelas multikultural sifatnya hanya menyisipkan materi yang berkaitan dengan nilai-nilai multikultural pada kegiatan inti, maka dari itu guru PAI selalu mengaitkan materi dengan fakta-fakta yang ada, hal tersebut dilakukan agar siswa lebih peka terhadap lingkungan sekitarnya yang beragam. Dalam evaluasi implementasi pembelajaran belum bisa dibuat secara khusus dan masih menyesuaikan dengan kurikulum yang ada dari dinas pendidikan. Kata Kunci : Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Multikultural, dan SMP Negeri 1 Wangon

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Multikultural, dan SMP Negeri 1 Wangon
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sdr Muta Ali Arauf
Date Deposited: 27 Nov 2019 01:01
Last Modified: 27 Nov 2019 01:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6561

Actions (login required)

View Item View Item