IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PAIKEM PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA AL-IKHSAN BEJI KEDUNGBANTENG BANYUMAS

Madabu, Nimaseetoh (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PAIKEM PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA AL-IKHSAN BEJI KEDUNGBANTENG BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER-BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIMASEETOH MADABU_IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PAIKEM PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA AL-IK.pdf

Download (774kB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Guru merupakan subjek pertama yang penting dalam proses pembelajaran. guru harus pandai menggunakan pendekatan secara arif dan bijaksana bukan sembarangan yang bisa merugikan anak didik dengan menciptakan interaksi pembelajaran yang demokratis dan dialogis antara guru dengan siswa, dan sesama siswa sendiri. Strategi pembelajaran PAIKEM didesain untuk menciptakan suasana pembelajaran yang merangsang keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga siswa mempunyai sikap kemandirian, mampu berpikir kritis, dan kreatif. Maka dari itu guru dituntut untuk kreatif melakukan berbagai strategi yang sesuai dengan pelajaran dan diharapkan dapat diterima dengan mudah oleh siswa. Fokus pada penelitian ini adalah: 1) bagaimana implementasi pembelajaran berbasis paikem pada mata pelajaran fiqih di MA Al-Ikhsan Beji Kedungbanteng Banyumas?, 2) Kendala apakah yang dihadapi oleh guru fiqih serta bagaimanakah solusinya dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis PAIKEM pada mata pelajaran fiqih di MA Al-Ikhsan Beji Kedungbanteng Banyumas?. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang menggunakan penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian adalah guru fiqih dan siswa-siswi MA Al-Ikhsan Beji Kedungbanteng Banyumas. Adapun teknik pengumpulan datanya adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis dapat ditemukan bahwa: 1) Implementasi model pembelajaran PAIKEM pada mata pelajaran fiqih di MA Al-Ikhsan dilaksanakan dengan meggunakan metode diskusi dan pembagian kelompok. Siswa diberikan kesempatan menyampaikan pendapat, komunikasi yang interaktif anatara guru dan siswa, siwa dengan guru dan sesama siswa. 2) kendala yang terjadi adalah kurangnya minat siswa dalam belajar, kurang referensi dan media pembelajaran. Untuk solusi dari kendala yang terjadi adalah guru berusaha mengawali dan membinbing siswa agar aktif dengan memberi stimulus seperti nilai tambahan, dan mencari referensi selain buku cetak dan menyediakan media sendiri dari rumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran PAIKEM, MA Al-Ikhsan Beji Kedungbanteng Banyumas
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 18 Nov 2019 04:09
Last Modified: 18 Nov 2019 04:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6539

Actions (login required)

View Item View Item