PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DI MI NEGERI 1 BANYUMAS

Choerul, Fitroh (2019) PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DI MI NEGERI 1 BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (403kB) | Preview
[img] Text
CHOERUL FITROH_PENGEMBANGAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DI MI NEGERI 1 BAN~1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)

Abstract

Thomas Amstrong mendefinisikan kecerdasan merupakan kemampuan untuk menangkap situasi baru serta kemampuan untuk belajar dari pengalaman masa lalu seseorang. Dalam hal ini salah satu jenis kecerdasan yang dikemukakan oleh Howard Gardner adalah kecerdasan interpersonal atau kecerdasan sosial. Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan seseorang dalam melakukan interaksi sosial atau hubungan dengan seseorang baik individu ataupun kelompok dalam suatu organisasi atau dalam suatu masyarakat sesuai dengan tuntutan sosial. Sekolah sebagai lembaga pendidikan yang selama ini dipercaya mendidik, tentunya harus berperan dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak, salah satu kegiatan yang dapat menunjang kecerdasan interpersonal adalah dalam kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pengembangan kecerdasan interpersonal siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan di MI Negeri 1 Banyumas. subjek penelitian adalah pembina pramuka, guru, dan peserta didik MI Negeri 1 Banyumas. Objek penelitian adalah pengembangan kecerdasan interpersonal siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan di MI Negeri 1 Banyumas dapat mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa. Ada berbagai cara yang dilakukan dalam pengembangan kecerdasan interpersonal siswa yang dapat dikembangkan dalam kegiatan-kegiatan kepramukaan, yaitu dalam kegiatan interaksi antar anggota pramuka dan pembina pramuka, melakukan kegiatan kepramukaan yang kooperatif dan kolaboratif, melakukan dukungan terhadap kelompok atau regu pramuka, melakukan permaian interaktif yang menyenangkan, melatih kesabaran, dan keberanian, serta memberikan kesempatan anggota pramuka terjun dalam kegiatan kemasyarakatan atau ajang pertemuan antar golongan pramuka. Kata Kunci : Pengembangan, Kecerdasan Interpersonal, Esktrakurikuler Kepramukaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pramuka, Pengembangan, Kecerdasan Interpersonal, Esktrakurikuler Kepramukaan
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.345 Komunitas Belajar Lainnya
300 Social sciences > 360 Social services; association > 369 Miscellaneous kinds of associations
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdr Muta Ali Arauf
Date Deposited: 25 Nov 2019 07:11
Last Modified: 25 Nov 2019 07:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6491

Actions (login required)

View Item View Item