PERANAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI MTs MA’ARIF NU 1 CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS

ADE ABRIN OKTAFIANA, 1522402049 (2019) PERANAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI MTs MA’ARIF NU 1 CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
ADE ABRIN OKTAFIANA_PERANAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM P.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (530kB) | Preview

Abstract

Dalam dunia pendidikan ada banyak hal yang harus diajarkan kepada peserta didik salah satunya yaitu, pendidikan akhlak. Dalam terwujudnya akhlak yang baik bagi siswa di sekolah dibutuhkan guru bimbingan konseling. Dengan adanya guru bimbingan konseling akan membantu siswa dalam menangani masalah yang terdapat pada dirinya dan juga orang lain, hal seperti itu tentunya akan memperbaiki akhlak pada siswa. PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiBagaimanakahperanan guru bimbingankonselingdalampembinaanakhlaksiswa di MTs ma’arif NU 1 CilongokKabupatenBanyumas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Denganmengambillatarkepalasekolahdan guru bimbingankonseling.Obyekpenelitianiniadalahperanan guru bimbingan konseling dalam pembinaan akhlak siswa.Data diambildarikepalasekolahdan guru bimbingankonseling, tatausaha.Pengumpulan data dilakukandenganmetodeobservasi, wawancaradandokumentasi.Analisis data menggunakanreduksi data, penyajian data danpenarikankesimpulan. BerdasarkanhasilpenelitianmenunjukkanbahwaPeranan guru bimbingan konseling di MTs Ma’arif NU 1 Cilongok Kabupaten Banyumasmempunyaiperanansebagaipembimbingselainmempunyaiperansebagaipembimbing guru bimbingankonselingjugapunyaperansebagaifasilitator.Sebagaifasilitator guru bimbingankonselingbertugasuntukmemberikankemudahankepadakliendalammencapaipertumbuhandanperkembangan yang optimal. Guru bimbingankonselingjugaberperansebagaimodel, gurubimbingankonselingjugamempunyaiperanuntukmemberikancontoh yang baikkepadasiswanya agar berperilaku yang baik.Guru bimbingankonselingdapatmemberikanmotivasikepadasegenapsiswa yang membutuhkanlayanankonseling. Pemberianmotivasisebagailangkahcepatuntukmengatasibebanpsikologis yang munculakibatpelanggaran yang dilakukandanmemberikanmotivasidalammenempuhpendidikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peranan Guru, BimbinganKonselingdanPembinaanAkhlak
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 12 Nov 2019 07:39
Last Modified: 12 Nov 2019 07:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6480

Actions (login required)

View Item View Item