STRATEGI MARKETING POLITIK DESA (Studiterhadap Kemenangan Aris Nurhayati dalam Pilkades Desa Lesmana Tahun 2019)

Latiful Anam, Assidqi (2019) STRATEGI MARKETING POLITIK DESA (Studiterhadap Kemenangan Aris Nurhayati dalam Pilkades Desa Lesmana Tahun 2019). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (657kB) | Preview
[img] Text
LATIFUL ANAM ASSIDQI_STRATEGI MARKETING POLITIK DESA (Studi .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Pelunya analisis terhadap pasar politik menjadi dasar digunakan konsep marketing dalam dunia politik sebagai upaya mencapai cita-cita politik secara maksimal. Penggunaan konsep Marketing Politik di desa oleh Aris Nurhayati mempunyai tujuan untuk mempromosikan, membuat citra dan menarik perhatian masyarakat desa Lesmana dalam ajang Pemilihan Umum Kepala Desa tahun 2019. Penelitian ini bersifat lapangan dengan munggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi marketing politik Aris Nurhayati sebagai pendatang baru dalam mempromosikan diri sebagai calon kepala desa Lesmana. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Strategi politik berupa segmentasi dan positioning dan teori Bauran Marketing oleh Niffennegger. Metode pengumpulan data melalui Observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi marketing politik yang dilakukan Aris Nurhayati dengan menggunakan strategi marketing politik (1) Product, tim sukses menonjolkan sosok pemimpin pro rakyat kecil, sederhana dan membawa slogan Bangga Mbangun Desa. (2) Price, Aris Nurhayati membawa citra positif sebagai perwakilan suara perempuan di muka umum dan merakyat. (3) Promotion, dengan menggunakan alat peraga kampanye yang menarik. (4) Place, Aris Nurhayati dan tim sukses melakukan silaturahmi door to door, dan hadir secara aktif dalam kegiatan sosial masyarakat desa Lesmana. Strategi politik yang dilakukan oleh Aris Nurhayati adalah segmentasi masyarakat desa Lesmana berdasarkan kondisi sosial, agama, budaya, usia, dan penyebaran penduduk sehingga penempatan diri di masyarakat sesuai dengan tujuan politik yang direncanakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Marketing Politik, Strategi Politik, Politik Desa
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science > 324 The political process
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 21 Nov 2019 00:10
Last Modified: 21 Nov 2019 00:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6460

Actions (login required)

View Item View Item