MANAJEMEN KESAN PENYANDANG DISABILITAS TULI SURYA SAHETAPY MELALUI AKUN INSTAGRAM @SURYASAHETAPY

Fauzi, Ahmad Kholikul (2019) MANAJEMEN KESAN PENYANDANG DISABILITAS TULI SURYA SAHETAPY MELALUI AKUN INSTAGRAM @SURYASAHETAPY. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
AHMAD KHOLIKUL FAOZI_MANAJEMEN KESAN PENYANDANG DISABILITAS .pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I PENDAHULUAN, BAB V PENUTUP, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Setiap orang yang terlibat dalam suatu ineteraksi pada dasarnya menyajikan drama kepada lawan bicaranya. Mereka memilih karakter tertentu dan menunjukan karakter itu pada situasi dan lawan komunikasi sesuai dengan karakter yang telah dipilih. Di setiap situasi orang berupaya menyajikan suatu gambaran diri yang menurutnya akan diterima orang lain. Eving Goffman menyebutkan bahwa hampir setiap atribut yang melekat pada diri kita dan diketahui oleh publik: mulai dari bagaimana kita mengontrol pakaian, penampilan, dan kebiasaan kita adalah untuk membuat orang lain memandang kita sebagai orang yang ingin mereka lihat pada kita sebagai manusia. Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan manajemen kesan seorang penyandang disabilitas tuli Surya Sahetapy melalui akun Instagram @suryasahetapy dengan menganalisa penggunaan taktik-taktik manajemen kesan dari Jones & Pittman sebagai alat ukur. Surya Sahetapy sebagai penyandang disabilitas tuli melekat pada dirinya berbagai macam stigma negatif, Surya dan para kaum disabilitas lain pada umumnya masih disepelekan dan dipandang remeh, karena keterbatasanya bahkan cenderung dianggap lebih rendah dari orang-orang dengan fisik normal. Surya sebagai aktivis tuli yang berpengaruh dan banyak menjadi perbincangan publik selalu membangun kesan positif di setiap momentum yang dia temui, termasuk dalam hal ini ketika Surya di media sosial, khsusnya instagram. Peneliti menggunakan metode analisis semiotik Roland Barthes untuk menganalisa 20 post foto instagram Surya Sahetapy yang ada pada April 2015 sampai dengan Juli 2019. Hasil penelitian ini menemukan bahwa Surya Sahetapy hanya menggunakan tiga dari lima taktik manajemen kesan, Surya diketahui lebih sering menggunakan taktik self promotion, diikuti taktik exemplification, dan terakhir, ingratiation. Secara umum Surya Sahetapy berusaha membangun kesan baik sebagai pribadi yang menarik, mengesankan, patut untuk dihormati dan dikagumi atas prestasi dan pencapaian-pencapaianya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kesan, Instagram, Disabilitas Tuli, Surya Sahetapy
Subjects: 000 Generalities > 006 Special computer methods
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 11 Nov 2019 02:12
Last Modified: 11 Nov 2019 02:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6451

Actions (login required)

View Item View Item