PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB DI MTs MANBA’UL IHSAN AL-BAEDLOWI KARANGPUCUNG KERTANEGARA PURBALINGGA

Rahmat, Feryzal (2019) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB DI MTs MANBA’UL IHSAN AL-BAEDLOWI KARANGPUCUNG KERTANEGARA PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FERYZAL RAHMAT_PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULI.pdf

Download (817kB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Bahasa adalah alat yang digunakan untuk berkomunikasi antar manusia baik secara lisan maupun tulisan. Pada suatu proses pembelajaran di kelas, khususnya dalam proses pembelajaran bahasa Arab pastilah guru dan siswa akan mengalami suatu permasalahan. Permasalahan tersebut berasal dari faktor internal maupun eksternal. Permasalahan yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah apa saja problematika yang dihadapi oleh siswa MTs Manba’ul Ihsan Al-Baedlowi Karangpucung Kertanegara Purbalingga dalam pembelajaran bahasa Arab keterampilan menulis dan solusi atau usaha-usaha yang dilakukan oleh guru dalam menghadapi problem tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang mana teknik pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Arab dan siswa MTs Manba’ul Ihsan Al-Baedlowi Purbalingga. Hasil penelitian ini yaitu adanya beberapa kesulitan yang dialami oleh siswa pada saat proses kegiatan pembelajaran bahasa Arab khususnya keterampilan menulis. Problem yang dialami siswa yaitu siswa kesulitan membedakan bunyi huruf hijaiyah yang didiktekan oleh guru pada saat guru memberikan mufradat baru pada saat proses pembelajaran, siswa kesulitan membuat kalimat bahasa Arab dengan sempurna karena kurangnya pengetahuan mengenai nahwu saraf, ketika menulis Arab terkadang ada siswa yang tidak memberi harakat atau syakal pada huruf hijaiyah siswa merasa kesulitan ketika menghafalkan mufradat baru, ketika menulis Arab siswa tidak memberi spasi antar baris dan antar kalimat sehingga tulisan tersebut terlalu rapat menjadikan tulisan tersebut kurang rapi, dan ada siswa ketika memberi harakat pada huruf hijaiyah terlalu nempel dengan huruf hijaiyah tersebut sehingga menjadikan tulisan tersebut sulit untuk dibaca, hal itu terjadi karena kebanyakan siswa lulusan dari SD. Solusi atau usaha yang telah dilakukan oleh guru untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu: menumbuhkan motivasi siswa mengenai pentingnya belajar bahasa Arab keterampilan menulis, berusaha menggunakan metode yang cocok, selalu memberikan latihan-latihan menulis Arab disetiap jam pelajaran, dan selalu memberikan tugas PR bahasa Arab agar siswa belajar bahasa Arab keterampilan menulis tidak hanya di sekolahan saja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Keterampilan Menulis.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 05 Nov 2019 09:49
Last Modified: 05 Nov 2019 09:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6390

Actions (login required)

View Item View Item