PENGEMBANGAN FITRAH ANAK DI SD ALAM BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS

Baroroh, Umi (2019) PENGEMBANGAN FITRAH ANAK DI SD ALAM BATURRADEN KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
UMI BAROROH_PENGEMBANGAN FITRAH ANAK DI SD ALAM BATURRADEN (SABar) BANYUMAS.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Pengembangan fitrah anak merupakan hal yang sangat urgen dan harus dilakukan karena dengan pengembangan fitrah yang dimiliki anak maka akan memberikan manfaat bagi peran peradabannya di masa yang akan datang. Pengembangan fitrah anak dapat dilakukan melalui proses pendidikan. Banyak sekolah dianggap belum mampu memberikan pendidikan yang selaras dengan fitrah anak. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya fenomena-fenomena menyimpang yang ada dalam dunia pendidikan seperti sekarang ini. Orang tua sebagai pendidik yang pertama dan utama yang diberi amanah oleh Allah SWT dalam memberikan pendidikan kepada anak, sesungguhnya banyak sekali yang telah menyalahi fitrah anak. Oleh karena itu, Sekolah Alam Baturraden hadir sebagai salah satu sarana untuk mengembangkan potensi anak yang sudah ada semenjak anak dilahirkan. Sekolah bekerjasama dengan orang tua dalam mengembangkan fitrah tersebut, sehingga orang tua siswa banyak dilibatkan dalam berbagai macam kegiatan yang ada untuk mengembangkan fitrah anak. Penelitian ini merupakan penelitian fild research yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori pendidikan berbasis fitrah, dan teori psikologi perkembangan anak. Teknik pengambilan data menggunakan, observasi partisipatoris, wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Analisa data menggunakan metode Miles Huberman, dan untuk pengujian keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi dan perpanjangan pengamatan. Peneliti menemukan bahwa pengembangan fitrah anak di SD Alam Baturraden dilakukan melalui beberapa kegiatan yang terintegrasi dan bersumber dari al-Qur’an dan Hadits yang tertuang dalam Action Plan SD Alam Baturraden. Fitrah yang dikembangkan meliputi: 1) fitrah keimanan, 2) fitrah belajar dan bernalar, 3) fitrah bakat dan kepemimpinan, 4) fitrah estetika dan bahasa, 5) fitrah seksualitas dan cinta, 6) fitrah individualitas dan sosialitas, 7) fitrah perkembangan serta 8) fitrah jasmani. Output yang diharapkan dari pengembangan fitrah anak meliputi tiga aspek yaitu mempunyai akhlakul karimah, mempunyai jiwa kepemimpinan, serta mampu berbisnis, yang semua itu akan bermuara pada peran manusia dan tujuan manusia diciptakan yaitu sebagai Khalifah Fi Al-Ardhi, hamba Allah dan juga sebagai pemakmur bumi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fitrah, Pendidikan, SD Alam Baturraden
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 05 Nov 2019 03:16
Last Modified: 05 Nov 2019 03:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6383

Actions (login required)

View Item View Item