PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BANYUMAS

Indriyani, Rizky Agustin (2019) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
cover bab i bab v daftar pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI MADRASAH A.pdf

Download (17MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Kemampuan membaca Al-Qur’an yang baik, tartil dan benar harus dimiliki oleh setiap umat Islam agar tidak merusak arti dan makna yang terkandung di dalamnya. Madrasah Aliyah Negeri 2 Banyumas menerapkan program pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an pada seluruh peserta didiknya dan menumbuhkan rasa cinta terhadap Al-Qur’an. Pelaksanaan pembelajaran BTA di MAN 2 Banyumas sudah berjalan selama 3 tahun, yaitu dimulai pada tahun pelajaran 2017/2018. Pelaksanaan pembelajaran BTA dikhususkan pada peserta didik kelas X yang dilakukan setiap hari Jum’at pukul 13.00 s.d. 14.00 WIB Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan dan mengetahui problematika pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di MAN 2 Banyumas agar dapat dicari solusinya dan tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif, dengan mengambil latar penelitian di MAN 2 Banyumas. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh selama penelitian dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan dari hasil penelitian tersebut. Adapun hasil penelitian yang diperoleh, problematika pembelajaran dapat dilihat dari segi peserta didik yaitu terdapat siswa yang datang terlambat maupun tidak mengikuti pembelajaran tersebut, tidak adanya sanksi yang diberikan kepada siswa yang tidak hadir maupun mengganggu pembelajaran Dari segi pendidik/mentor yaitu ketidak hadiran mentor pada saat pembelajaran yang mengakibatkan kurangannya mentor, kemudian tidak adanya penghargaan bagi siswa-siswi yang menjadi mentor BTA. Dari segi metode yaitu pembelajaran hanya berpusat pada metode membaca tanpa ada kegiatan menulis, dari segi media yaitu kurangnya media dalam bentuk alat peraga metode tilawati. Sedangkan solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi problematika tersebut yaitu: pembina dan mentor bekerja sama untuk menentukan peraturan dan menyediakan absensi kehadiran, pembina memperhatikan kemauan atau minat dari setiap calon mentor sebelum melaksanakan diklat, memperbanyak pelatihan atau pengulangan materi, memberikan penghargaan kepada mentor berupa sertifikat mengajar BTA atau lain sebagainya, menambahkan materi imla dan hafalan pada pembelajaran BTA, pembina dan mentor bersama-sama membuat replika atau tiruan media alat peraga BTA menggunakan alat/bahan yang mudah didapat dan memiliki harga jauh lebih terjangkau sehingga media tersebut dapat terpenuhi dan digunakan pada saat pembelajaran BTA berlangsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problematika, Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an > 2x1.12 Ilmu Qiraat (termasuk macam qiraat dan tajwid)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 05 Nov 2019 02:54
Last Modified: 05 Nov 2019 02:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6379

Actions (login required)

View Item View Item