EFEKTIVITAS PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA KELAS IX DI MTS AL-MUKARROMAH SAMPANG KABUPATEN CILACAP

Mayasari, Amalia (2019) EFEKTIVITAS PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA KELAS IX DI MTS AL-MUKARROMAH SAMPANG KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER BAB I BAB V DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
EFEKTIVITAS PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP PENINGKATAN KEMAM.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif dalam matematika dan dalam bidang lainnya merupakan bagian keterampilan hidup yang perlu dikembangkan pada siswa, terutama dalam menghadapi kemajuan teknologi dan informasi yang semakin pesat dan persaingan global yang semakin ketat. Oleh karena itu, pengembangan kreativitas di sekolah sangat penting, agar proses pendidikan disekolah memiliki relevansi yang tinggi dan menghasilkan lulusan yang memiliki kreativitas tinggi. Sehingga, diperlukan adanya suatu treatment agar kemampuan berpikir kreatif matematika siswa dapat meningkat. Salah satu treatment yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan pendekatan Open-Ended, karena Pendekatan Open-Ended dilandasi oleh teori belajar konstruktivisme yang lebih mengutamakan proses daripada hasil dan diduga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan open-ended terharap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas IX di MTs Al-Mukarromah Sampang Kabupaten Cilacap. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Quasi Experimental Design bentuk Nonequivalent Control Group Design. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan data N-Gain yang diperoleh. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan open-ended efektif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil N-Gain yang diperoleh di kelas eksperimen sebesar 0,62 yang merupakan kategori sedang. Sementara kelas kontrol sebesar 0,28 yang merupakan kategori rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Open-Ended, Kreatif, Matematika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 04 Nov 2019 08:06
Last Modified: 04 Nov 2019 08:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6368

Actions (login required)

View Item View Item