PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSONS, MODELLING THE WAY, INFORMATION SEARCH, DAN INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMP NEGERI 2 AJIBARANG BANYUMAS

Mulyani, Kesti (2019) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSONS, MODELLING THE WAY, INFORMATION SEARCH, DAN INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMP NEGERI 2 AJIBARANG BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (719kB) | Preview
[img] Text
KESTI MULYANI_PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSONS,M.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Pembelajaran pada hakekatnya adalah interaksi antara peserta didik dengan lingkungannya sehingga terjadi perubahan perilaku ke arah yang lebih baik. Sebagai seorang pendidik,guru senantiasa di tuntut utuk mampu menciptakan iklim belajar mengajar yang kondusif serta dapat memotivasi siswa dalam belajar mengajar yang akan berdampak positif dalam mencapai prestasi hasil belajar. Guru harus bnayak menggunakan strategi tertentu dalam pemakaian metodenya sehingga dia dapat mengajar dengan tepat untuk membantu meningkatkan kegiatan belajar serta memotivasi siswa untuk bealajar dengan baik. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Dengan lokasi di SMP Negeri 2 Ajibarang Banyumas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan strategi pembelajaran peer lessons, modelling the way, information search, dan index card match pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 2 Ajibarang Banyumas? Strategi apa saja yang di gunakan?. Metode pengumpulan data yang di gunakan anatara lain: (a) metode observasi, metode ini digunakan untuk memperoleh data tentang macam-macam strategi yang digunakan dan juga bagaimana penerapannya pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. (b) metode wawancara, metode ini dilakukan dengan cara penulis menanyakan langsung kepada sumbernya, bukan dalam kondisi formal agar suasana yang tercipta menjadi lebih santai dan akrab sehingga jawaban-jawaban yang terlontar yang penulis ajukan merupakan jawaban murni dari fakta yang terjadi. (c) metode dokumentasi, metode ini digunakan agar dapat memperoleh data-data, konsep, teori dan proposisi-proposisi yang peneliti ambil. Hasil penelitian penerapan strategi pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 2 Ajibarang Banyumas sudah sesuai dengan prosedur dan berjalan baik. Hal ini terlihat dari keaktifan siswa dalam kegiatan belajar bisa menjadi lebih menyenangkan, semakin termotivasi, kecenderungan menguasai materi juga tinggi dan menumbuhkan kepekaan pada diri peserta didik terhadap masalah-masalah dalam lingkungan sosial. Strategi yang di gunakan antara lain: strategi pembelajaran peer lesson, modelling the way, information search, dan index card match.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, SMP Negeri 2 Ajibarang Banyumas
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 05 Nov 2019 00:48
Last Modified: 05 Nov 2019 00:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6365

Actions (login required)

View Item View Item