PENERAPAN STRATEGI INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS III DI MI MA’ARIF 07 KARANGMANGU KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP

Indarwanti, Olivian (2019) PENERAPAN STRATEGI INKUIRI DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS III DI MI MA’ARIF 07 KARANGMANGU KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB IV_BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pendidikan IPA sejak dini sangat penting karena akan menghasilkan generasi yang dapat mengetahui kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan IPA. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang mengkaji tentang penerapan strategi inkuiri pada pembelajaran IPA kelas III di MI Ma’arif 07 Karangmangu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis implementasi strategi pembelajaran inkuiri pada pembelajaran IPA kelas III MI Ma’arif 07 Karangmangu. Jenis peneliti yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yaitu peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh informasi terkait penerapan strategi pembelajran inkuiri. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran inkuiri pada pembelajaran IPA kelas III. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini meliputi reduksi data, display data, verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah bahwa kegiatan pembelajaran menggunakan strategi inkuiri sudah diterapkan dikelas III pada mapel IPA. Pembelajaran dengan mengimplementasikan strategi pembelajaran inkuiri di MI Ma’arif 07 Karangmangu yaitu kegiatan perencanaan mulai dari silabus sampai pada pembuatan RPP. Kegiatan inti atau pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru kelas III ini menggunakan langkah-langkah strategi pembelajaran inkuiri ini yaitu, orientasi guru mengajak siswa untuk berfikir memecahkan masalah, merumuskan masalah dengan cara siswa diberikan pada suatu persoalan yang mengundang teka-teki, mengajukan hipotesis atau jawaban sementara dari suatu permasalahan yang sedang dikaji, mengumpulkan data dengan cara mengembangkan kemampuan yang dimiliki setiap siswa, menguji hipotesis dengan cara memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk membacakan hasil diskusinya, dan merumuskan kesimpulan dengan cara guru memberikan arahan pada jawaban siswanya. Hal ini menunjukan bahwa MI Ma’arif 07 Karangmangu telah berhasil menerapkan strategi pembelajaran inkuiri untuk menjadikan peserta didik lebih aktif dalam KBM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Inkuiri, IPA, MI Ma’arif 07 Karangmangu Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 01 Nov 2019 09:17
Last Modified: 01 Nov 2019 09:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6353

Actions (login required)

View Item View Item