PENGARUH SELF-EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR

Nur, Kamala Laeli (2019) PENGARUH SELF-EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB IV_BAB V DAN DAPTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB)
[img]
Preview
Text
cover_bab i_bab v.pdf

Download (824kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji dan mendeskripsikan pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Purwokerto Timur. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi siswa secara umum yang kurang yakin akan kemampuan dirinya dalam mengerjakan soal matematika. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengkaji lebih jauh apakah ada pengaruh antara self-efficacy terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Karena kemampuan berpikir kreatif matematis merupakan salah satu komponen kognitif peserta didik yang menunjang keberhasilan mereka dalam proses pembelajaran. Metode dalam penelitian ini merupakan metode penelitian survey dengan jenis penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 303 siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Purwokerto Timur, pengambilan sampel ini menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari 4 soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis berbentuk soal uraian dan 19 pernyataan mengenai self-efficacy siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana, sebelum dilakukan uji analisis maka dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji linieritas dan uji keberartian regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara self-efficacy terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Purwokerto Timur. Pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis sebesar 20.5% sedangkan sisanya 79.5 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: self-efficacy, berpikir kreatif matematis
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 01 Nov 2019 06:10
Last Modified: 06 Nov 2019 01:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6346

Actions (login required)

View Item View Item