PENGGUNAAN METODE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI MATRI IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH DI KELAS VA SD NEGERI 1 BABAKAN KECAMATAN KALIMMANAH KABUPATEN PURBALINGGA

Octaviana Riskawati, 1522402239 (2019) PENGGUNAAN METODE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI MATRI IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH DI KELAS VA SD NEGERI 1 BABAKAN KECAMATAN KALIMMANAH KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER BAB I BAB V DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (606kB) | Preview
[img] Text
Octaviana Riskawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (876kB)

Abstract

Pembelajaran yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Babakan Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga, mata pelajaran PAI materi Iman Kepada Kitab-Kitab Allah menunjukan hasil yang sangat rendah dan mendapatkan nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) PAI . Mata pelajaran PAI mecangkup aqidah, akhlak , fikih dan sejarah yang akan membawa ke sebuah pemahaman. Kegiatan pembelajaran PAI materi Iman kepada kitab-kitab Allah pada kelas VA ini dilakukan dengan metode Index Card Match. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui gambaran proses keaktifan peserta didik dengan mengunakan metode Index Card Match. (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI materi Iman kepada kitab-kitab Allah menggunakan metode Index Card Match pada peserta didik kelas VA. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VA yang berjumlah 25 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil peneltian ini menunjukan adanya pningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II menggunakan tes, lembar observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasi peneltian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II. Dari data tes siklus I dapat diketahui peingkatan pada rata-rata kelas yaitu 69,36 dan pada siklus II 79,52. Dapat diketahui bahwa ada peningkatan hasil belajar pada seitiap siklus. Pada siklus I terjadi peningkatan peserta didik yang tuntas menjadi 18 peserta didik (72%) dari 25 peserta didik. Pada siklus II terjadi peingkatan peserta didik yang tuntas belajar menjadi 22 peserta didik (88%) dari 25 peserta didik. Hal ini membuktikan bahwa penggunaa metode index card match pada mata pelajaran PAI materi iman kepada kitab-kitab Allah dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas VA SD Negeri 1 Babakan. Kata Kunci : Metode index card match dan Hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode index card match dan Hasil belajar
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 31 Oct 2019 07:15
Last Modified: 31 Oct 2019 07:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6333

Actions (login required)

View Item View Item