ESKA TRIANTI, 1522402225 (2019) PENERAPAN METODE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS 1 SDN 2 KALIWANGI KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN �����������������"�#$�"�%� � TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (205kB) | Preview |
|
Text
Eska Trianti_Penerapan Metode Card Sort Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Mata.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Mempelajarihurufhijaiyahsecaracepatdantepatharusdicaricara yang lebihtepat. Olehsebabitu, seorang guru merupakanfaktorpenentukeberhasilanpendidikankarenasumberdayamanusialahirdariusaha guru dalammelakukan proses pembelajaranterhadapsiswa. Peran guru sebagaipelaksanautamapendidikansangatbesaruntukmemberikaninformasibersifatpositifpadasiswa. PermasalahanyaituApakahpenerapanMetodeCard Sortpadamatapelajaranpendidikan agama Islam dapatmeningkatkankemampuanmengenalhurufHijaiyahsiswakelas I SDN 2 KaliwangiKecamatanPurwojatiKabupatenBanyumas?.Tujuanpenelitianiniadalah: Untukmemperbaikipelaksanaanpembelajaranpendidikan agama Islam dalammengenalhurufHijaiyah di kelas I SDN 2 Kaliwangi. Penelitianinimenggunakanpenelitiantindakankelas (PTK) yang dilaksanakan di SD Negeri 2 KaliwangiKecamatanPurwojatiKabupatenBanyumas.Objekpenelitianiniadalahsiswakelas 1 SDN 2 KaliwangiiKecamatanPurwojatiKabupatenBanyumasdenganjumlah 18 orang yang terdiridari 12 orang laki-lakidan 6orang perempuan. Adapuntekhnikpengambilan data menggunakanmetodetes, observasi, wawancara, dokumentasi. Rancanganpenelitianinidilakukandalamduasiklusyaitusiklus I dansiklus II.Hasil rata-rata persentasemeningkatkankemampuanmengenalhurufhijaiyahdapatdilihatsebelumtindakan: rendah, Siklus I cukupdantinggisetelahsiklus II. Peningkatanhasilbelajarmengenalhurufhijaiyahdenganmenggunakanmetodecard sortyaituperolehannilaihasiltesmulaidarisebelumadanyatindakan (pre tes), siklus I, dansiklus II. Yang manapada pre testerdapat (55,27%) rata-rata siswa, padasiklus I (62,94.), danpadasiklus II terdapat (75,33%) rata-rata siswa. Meskipunbelummencapai 100% siswa yang lulus, tetapipenggunaanmetodecard sorttelahmenunjukkanpeningkatanhasilbelajarsiswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MetodeCard Sort, MengenalHurufHijaiyah |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 30 Oct 2019 06:30 |
Last Modified: | 30 Oct 2019 06:30 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6308 |
Actions (login required)
View Item |