PENERAPAN METODE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS 1 SDN 2 KALIWANGI KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN �����������������"�#$�"�%� � TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ESKA TRIANTI, 1522402225 (2019) PENERAPAN METODE CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS 1 SDN 2 KALIWANGI KECAMATAN PURWOJATI KABUPATEN �����������������"�#$�"�%� � TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text
Eska Trianti_Penerapan Metode Card Sort Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Mata.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Mempelajarihurufhijaiyahsecaracepatdantepatharusdicaricara yang lebihtepat. Olehsebabitu, seorang guru merupakanfaktorpenentukeberhasilanpendidikankarenasumberdayamanusialahirdariusaha guru dalammelakukan proses pembelajaranterhadapsiswa. Peran guru sebagaipelaksanautamapendidikansangatbesaruntukmemberikaninformasibersifatpositifpadasiswa. PermasalahanyaituApakahpenerapanMetodeCard Sortpadamatapelajaranpendidikan agama Islam dapatmeningkatkankemampuanmengenalhurufHijaiyahsiswakelas I SDN 2 KaliwangiKecamatanPurwojatiKabupatenBanyumas?.Tujuanpenelitianiniadalah: Untukmemperbaikipelaksanaanpembelajaranpendidikan agama Islam dalammengenalhurufHijaiyah di kelas I SDN 2 Kaliwangi. Penelitianinimenggunakanpenelitiantindakankelas (PTK) yang dilaksanakan di SD Negeri 2 KaliwangiKecamatanPurwojatiKabupatenBanyumas.Objekpenelitianiniadalahsiswakelas 1 SDN 2 KaliwangiiKecamatanPurwojatiKabupatenBanyumasdenganjumlah 18 orang yang terdiridari 12 orang laki-lakidan 6orang perempuan. Adapuntekhnikpengambilan data menggunakanmetodetes, observasi, wawancara, dokumentasi. Rancanganpenelitianinidilakukandalamduasiklusyaitusiklus I dansiklus II.Hasil rata-rata persentasemeningkatkankemampuanmengenalhurufhijaiyahdapatdilihatsebelumtindakan: rendah, Siklus I cukupdantinggisetelahsiklus II. Peningkatanhasilbelajarmengenalhurufhijaiyahdenganmenggunakanmetodecard sortyaituperolehannilaihasiltesmulaidarisebelumadanyatindakan (pre tes), siklus I, dansiklus II. Yang manapada pre testerdapat (55,27%) rata-rata siswa, padasiklus I (62,94.), danpadasiklus II terdapat (75,33%) rata-rata siswa. Meskipunbelummencapai 100% siswa yang lulus, tetapipenggunaanmetodecard sorttelahmenunjukkanpeningkatanhasilbelajarsiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MetodeCard Sort, MengenalHurufHijaiyah
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 30 Oct 2019 06:30
Last Modified: 30 Oct 2019 06:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6308

Actions (login required)

View Item View Item