IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING EXAMPLES NON EXAMPLES PADA PEMBELAJARAN TEMATIK IPA KELAS IV DI SDN PAGOJENGAN 03 KEC. PAGUYANGAN BREBES TP 2018/2019

Wibowo, Muh. Probo (2019) IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING EXAMPLES NON EXAMPLES PADA PEMBELAJARAN TEMATIK IPA KELAS IV DI SDN PAGOJENGAN 03 KEC. PAGUYANGAN BREBES TP 2018/2019. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MUH. PROBO WIBOWO_IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING EX.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya implementasi model cooperative learning tipe examples non examples pada pembelajaran tematik IPA kelas IV di SDN Pagojengan 03 yang dapat membantu guru dalam menyampaikan materi dan dapat melibatkan peserta didik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Karena keberhasilan dari proses pembelajaran sangat ditentukan oleh guru. Beberapa guru, salah satunya guru kelas IV sudah kreatif, karena dalam pembelajaran guru tidak hanya menggunakan satu strategi atau metode pembelajaran saja, sehingga dapat memaksimalkan proses kegiatan belajar mengajar. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana Implementasi Model Cooperative Learning Examples non examples Pada Pembelajaran Tematik IPA kelas IV di SDN Pagojengan 03 kec. Paguyangan Brebes TP 2018/2019?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi model pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran Tematik Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SDN Pagojengan 03 Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah sebagai wacana bagi mahasiswa IAIN Purwokerto atau bagi siapa saja yang membacanya serta dapat digunakan sebagai acuan untuk penelitian selanjutnya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan metode analisis data deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan tentang implementasi model pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran tematik IPA di SDN Pagojengan 03 diperoleh hasil bahwa guru kelas IV di SDN Pagojengan 03 telah menggunakan model pembelajaran kooperatif yang secara umum langkah-langkah pembelajarannya meliputi tiga tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Tahap perencanaan yaitu guru menyiapkan RPP, materi dan segala hal yang terkait pembelajaran, tahap pelaksanaan yaitu pemberian motivasi, pembentukkan kelompok, presentasi guru, dan kuis, kemudian tahap evaluasi berisi evaluasi terhadap kinerja siswa dalam kelompok dan pemberian reward/hadiah bagi kelompok yang berprestasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning,examples non examples, dan Pembelajaran IPA
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 28 Oct 2019 11:18
Last Modified: 28 Oct 2019 11:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6284

Actions (login required)

View Item View Item