IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS 5 MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Abdilah, Misto (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS 5 MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
MISTO ABDILAH_IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 5.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Pembelajaran tematik adalah program pembelajaran yang berangkat dari satu tema/topik tertentu dan kemudian di elaborasi dari berbagai aspek atau di tinjau dari berbagai perspektif mata pelajaran yang biasa di ajarkan di sekolah. Pengertian pembelajaran tematik yang dimaksud adalah proses pembelajaran yang mencakup beberapa standar kompetensi dari beberapa mata pelajaran yang kemudian digabungkan ke dalam satu tema pembahasan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran Tematik di kelas V MI Ma’arif NU Pageraji Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas Tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif untuk memperoleh informasi dan data-data yang diperlukan dalam penelitian, maka penulis menggunakan beberapa metode yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran tematik di kelas V MI Ma’arif NU Pageraji mulai dari tahap-tahap pembelajaran tematik yang meliputi : a) memilih tema, b) melakukan analisis KI, Kompetensi Dasar, dan membuat Indikator, c) melakukan pemetaan kompetensi dasar, d) membuat jaringan kompetensi dasar, e) menganalisis silabus, f) menyusun RPP, belum dilaksanakan secara maksimal dari tahap-tahap pembelajaran tematik yang dilaksanakan yaitu tahap menganalisis silabus tematik dan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran. akan tetapi, silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang dibuat memang sudah sesuai dengan karakteristik silabus serta RPP pembelajaran tematik di MI. Adapun dalam pelaksanaannya, pembelajaran tematik yang diterapkan di MI Ma’arif NU 1 Pageraji sudah sesuai dengan langkah-langkah dalam pembelajaran tematik mulai dari pemilihan metode, strategi serta evaluasi yang dilakukan dalam pembelajaran tematik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tematik, Kelas 5, Madrasah Ibtida'iyyah
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 28 Oct 2019 11:12
Last Modified: 28 Oct 2019 11:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6283

Actions (login required)

View Item View Item