IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO

Oktaviani, Kurnia (2019) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
KURNIA OKTAVIANI_IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II MI DARUL .pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Ada beberapa hal baru dalam pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, salah satunya adalah adanya penekanan penerapan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik dalam Kurikulum 2013 meliputi lima kegiatan inti yang terdiri atas beberapa kegiatan berikut, yaitu: mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar atau mengasosiasikan, dan mengomunikasikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Tematik Kelas II MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto. Karena itulah peneliti tertarik untuk melihat lebih jauh lagi tentang penerapan pendekatan saintifik dalam kegiatan pembelajaran. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Instrumen pengumpul data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan kepala madrasah dan guru mata pelajaran. Adapun analisis data dalam penelitian ini mengacu pada model Miles dan Huberman yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: pengumpulan data, data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan/verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: perencanaan pembelajaran yang dilakukan guru adalah mengkaji silabus dan buku guru, serta menyusun RPP yang menjabarkan langkah kegiatan pendekatan saintifik. Guru sudah melaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, mengasosiasi/menalar, dan mengkomunikasikan. Namun pelaksanaan pembelajaran tersebut belum maksimal. Guru sudah menggunakan penilaian autentik untuk menilai sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa. Guru jarang menggunakan instrumen dan rubrik penilaian. Hambatan yang dialami guru dalam implementasi pendekatan saintifik meliputi hambatan dalam fasilitas atau sarana prasarana, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Tematik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 28 Oct 2019 10:51
Last Modified: 28 Oct 2019 10:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6282

Actions (login required)

View Item View Item