IMPLEMENTASI PMA NO. 8 TAHUN 2018 DI BIRO PERJALANAN IBADAH HAJI & UMRAH (STUDI KASUS PADA PT. ARMINAREKA PERDANA DAN PT. NAHDLATUNA ZADUNA TAQWA)

Ulum, Maulani (2019) IMPLEMENTASI PMA NO. 8 TAHUN 2018 DI BIRO PERJALANAN IBADAH HAJI & UMRAH (STUDI KASUS PADA PT. ARMINAREKA PERDANA DAN PT. NAHDLATUNA ZADUNA TAQWA). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
skripsi fulll ULUM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Biro Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) merupakan operator inti dalam rangkaian kegiatan ibadah umrah, PPIU dituntut untuk bekerja profesional dan memberikan pelayanan terbaik kepada calon jamaah umrah, tetapi didalam pelaksanaannya terdapat beberapa permasalahan, seperti pada tahun 2017, ada beberapa PPIU yang menelantarkan jamaah sehingga jamaah gagal berangkat dan merugikan calon jamaah umrah. Permasalahan inilah salah satu sebab pemerintah melalui kementerian agama mengeluarkan peraturan menteri agama no 8 tahun 2018 sebagai upaya menanggulangi berbagai masalah dalam penyelenggaraan perjalanan ibadah umrah. Dalam penelitian ini penulis mengkaji 2 hal, yaitu: 1. Bagaimana proses implementasi peraturan tersebut pada PT. Arminareka Perdana dan PT. Nahdlatuna Zaduna Taqwa utamanya tentang prinsip dan pelayanan. 2. Faktor-faktor apa saja yang berpengaruh dalam implementasi PMA no 8 tahun 2018 tentang penyelenggaraan perjalanan ibadah umrah. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penulis menggunakan metode penelitian studi kasus. Penulis menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Jadi, penulis akan terjun langsung ke lapangan dan melakukan penelitian ini dengan pengamatan dan wawancara secara langsung dengan informan yang terkait dengan penelitian ini. Data yang diperoleh kemudian disajikan secara deskriptif dengan menceritakan keadaan sebenarnya yang terjadi di lapangan. Hasil penelitian ini yaitu, 1. Proses implementasi PMA no 8 tahun 2018 pada PT. Arminareka Perdana dan PT. Nahdlatuna Zaduna Taqwa berjalan sesuai dengan pemenuhan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan seperti yang dijelaskan dalam model implementasi kebijakan publik George C. Edward III. 2. Pelayanan penyelenggaraan perjalanan ibadah umrah yang diberikan oleh kedua perusahaan ini secara garis besar telah sesuai dengan PMA no 8 tahun 2018 Bab V tentang pelayanan. 3. Faktor penghambat implementasi PMA no 8 tahun 2018 pada dua perusahaan ini lebih banyak pada faktor komunikasi dan pemenuhan sumber daya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Biro HAji, Biro Umroh, Manajemen biro
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.15 Haji dan Umrah
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 25 Oct 2019 02:41
Last Modified: 25 Oct 2019 02:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6264

Actions (login required)

View Item View Item