MANAJEMEN PROGRAM PERCEPATAN LULUSAN BACA TULIS AL-QUR’AN (BTA) DAN PRAKTEK PENGAMALAN IBADAH (PPI) BAGI MAHASISWA IAIN PURWOKERTO DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA AN-NAJAH PURWOKERTO

IKE, APRILIA SEPTI (2019) MANAJEMEN PROGRAM PERCEPATAN LULUSAN BACA TULIS AL-QUR’AN (BTA) DAN PRAKTEK PENGAMALAN IBADAH (PPI) BAGI MAHASISWA IAIN PURWOKERTO DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA AN-NAJAH PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
skripsi full IKE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_ BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam tertua yang merupakan produk budaya Indonesia dan merupakan lembaga non-formal yang identik dengan makna religius (bercirikan keagamaan). Oleh karena itu pengembangan manajemen pesantren sangatlah penting, sebagai salah satu solusi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas atau mutu pesantren agar lembaga pesantren dapat terpantau. Dalam pengaturan lembaga pesantren harus diperhatikan fungsi-fungsi dari manajemen seperti manajemen program baca tulis Al-qur’an (BTA) dan praktek pengamalan ibadah (PPI) di pondok pesantren mahasiswa An-Najah Purwokerto. Program yang dilaksanakan tidak semata-mata hanya untuk mendapatkan surat rekomendasi bagi para mahasiswa IAIN Purwokerto untuk mengikuti ujian BTA dan PPI di kampus, tetapi sebagai pedoman para santri untuk lebih memperhatikan bacaan Al-qur’an dan pengetahuan praktek ibadah yang baik dan benar. Metode penelitian dalam skripsi ini adalah kualitatif, dengan pendekatan deskriptif, sementara jenis penelitian ini adalah lapangan (field research). Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggali sumber data yaitu dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan keasimpulan. Dari hasil penelitian bahwasannya Manajemen Program Percepatan Lulusan BTA dan PPI Bagi Mahasiswa IAIN Purwokerto di Pondok Pesantren Mahasiswa An-Najah Purwokerto sudah sangat sesuai dengan teori manajemen menurut George R Terry. Dari perencanaannya yakni membentuk beberapa program, seperti program Multi Level Learning (MLL), program Madrosatul Qur’an dan program diklat (pendidikan dan latihan). Pengorganisasiannya dengan membentuk organisasi atau sekumpulan orang yang khusus mengurusi Program BTA dan PPI agar bisa lebih terorganisir. Lalu mengenai pelaksanaannya yaitu dilaksanakan dengan jadwal yang telah dirancang dan disaat pelaksanaan diklat-diklatpun mengundang langsung orang-orang yang sudah mumpuni agar para santri bisa mempraktikkan dengan baik dan benar. Kemudian dari pengawasannya yakni dari pihak pengasuh dan pengurus selalu merapatkan dan mengevaluasikan apa yang perlu dikembangkan dan apa saja yang perlu diperbaiki. Dan tidak lepas memberikan pengawasan secara langsung dengan cara terjun langsung mengkoordinir para santri, agar bisa mengikuti semua pelaksanaan yang telah dirancang. Serta didukung juga dengan usaha para santrinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Program, BTA dan PPI
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 24 Oct 2019 06:37
Last Modified: 24 Oct 2019 06:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6261

Actions (login required)

View Item View Item