STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI SMK BERBASIS PESANTREN AL-KAUTSAR KARANGSUCI PURWOKERTO

Nongjik, Yameelah (2019) STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI SMK BERBASIS PESANTREN AL-KAUTSAR KARANGSUCI PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I PENDAHULUAN_BAB V PENUTUP_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
YAMEELAH NONGJIK_STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM MATA PELA.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Strategi pembelajaran aktif itu sebagai urutan langkah atau prosedur yang digunakan guru untuk membawa siswa dalam suasana tertentu untuk mencapai tujuan belajarnya. Ketika siswa belajar dengan aktif berarti mereka yang mendominasi aktivitas pembelajaran, dengan ini mereka secara aktif menggunakan otak, baik untuk menemukan ide pokok memecahkan persoalan atau mengaplikasikan apa yang baru mereka pelajari kedalam satu persoalan yang ada dalam kehidupan nyata. Dengan belajar aktif ini, siswa diajak untuk turut serta dalam semua proses pembelajaran, tidak hanya mental akan tetapi juga melibatkan fisik. Ada banyak strategi yang digunakan dalam menerapkan belajar aktif dalam pembelajaran di sekolah, Semuanya dapat diterapkan dalam pembelajaran di kelas sesuai dengan jenis materi dan tujuan yang diinginkan dapat dicapai oleh siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Mengenai strategi pembelajaran aktif dalam mata pelajaran bahasa Arab di SMK Berbasis Pesantren Al-kautsar Karangsuci Purwokerto. Bahwa dalam proses pembelajaran guru bahasa Arab bapak Muhammad Kharis, S.Pd. menggunakan strtegi active learning berupa reading aloud, diskusi, dan bermain peran. karena dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tersebut antusias siswa sangat baik dan siswa juga beraktif tidak monoton. Tidak hanya guru saja yang berperan aktif tapi disini siswa harus ikut serta aktif agar proses belajar mengajar menjadi menyenang dan dapat mudah di pahami oleh siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran Aktif, pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 22 Oct 2019 04:01
Last Modified: 22 Oct 2019 04:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6247

Actions (login required)

View Item View Item