GREEN INNOVATION SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM DALAM MENDUKUNG SUSTAINABLE BUSINESS

Anas Mubarok, 1522201075 (2019) GREEN INNOVATION SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM DALAM MENDUKUNG SUSTAINABLE BUSINESS. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
ANAS MUBAROK_GREEN INNOVATION SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM DALAM MENDUKUNG SUSTAINABLE BUSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

UMKM Winur Crispy Pare merupakan usaha yang bergerak dibidang kuliner kususnya pada makanan ringan yang dimana bisa dikatakan sebagai bisnis kreatif dan inovatif karena mengangkat sayuran pare sebagai bahan baku produksinya. Usaha dari Winur Crispy Pare ini juga termasuk kedalam Sustainable Business yaitu usaha bisnis yang berorietasi untuk meminimalisisir dampak sosial dan lingkungan yaitu dengan memberikan lapangan perkerjaan terhadap warga sekitar, serta untuk lingkungannya yaitu memanfaatkan sayuran pare yang melimpah dengan mengolahnya menjadi keripik pare dan olahan lainnya sehingga bisa memberikan nilai ekonomis lebih terhadap sayur pare tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis inovasi apa saja yang dipakai oleh UMKM Winur Crispy Pare untuk mengembangkan usahanya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Data yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data yaitu metode kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif serta menggunakan metode analisis taksonomi yang dikorelasikan dengan radar dimensi bisnis dari Avanti Fontana. Hasil penelitian ini bahwa dari inovasi yang dihasilkan oleh Winur Crispy Pare dapat diklasifikasikan terdapat 10 dari 12 dimensi inovasi menurut Avanti Fontana pada UMKM antara lain: Offerings, Model (Platform), Solusi (Solution), Rantai Pasok (Supply Chain), Proses (Processes), Konsumen (Customer), Pasar (Presence), Nilai Tambah Alternatif (Value Capture), Jejaring (Networking), Merek (Brand). Kata Kunci : Green Innovation, Strategi, Pengembangan UMKM, Sustainable Business

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Green Innovation, Strategi, Pengembangan UMKM, Sustainable Business
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 26 Sep 2019 03:02
Last Modified: 26 Sep 2019 03:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6131

Actions (login required)

View Item View Item