IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK DI KELAS IV MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Loyka Dwi Iryanti, 1223305067 (2016) IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK DI KELAS IV MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Loyka Dwi Iryanti_IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK DI KELAS IV MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI KECAMATAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penilaian autentik di kelas IV MI Ma’arif NU 1 Pageraji. Penilai anautentik ialah kegiatan menilai peserta didik yang menekankan kepada tiga aspek yaitu sikap, pengetahuan dan keterampilan, baik dalam proses maupun hasil. Sikap, pengetahuan dan keterampilan dapat dicapai melalui penyelesaian tugas di mana peserta didik telah memainkan peran aktif dan kreatif. Keterlibatan peserta didik dalam melaksanakan tugastersebut sangat bermakna bagi perkembangan pribadi pesertadidik. Dengan penilaian yang melihat tiga aspek, pemberian tugas yang nyata yaitu memainkan peran aktif dan kreatif, penilaian ini sangat cocok digunakan di usia anak sekolah dasar. Dari penilaian ketiga aspek tersebut memiliki teknik dan instrument yang bermacam-macam. Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui bagaimana implementasi penilaian autentik di kelas IV MI Ma’arif NU 1 Pageraji Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Guru Kelas IV MI Ma’arif NU 1 Pageraji.Sedangkanobjekpenelitianiniadalahpelaksanaanpenilaianautentik di kelas IV MI Ma’arif NU 1 Pageraji.Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahobservasi, wawancaradandokumentasi.Teknik analisis data menggunakan Model Miles and Huberman, yang terdiri dari: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi penilaian autentik dilaksanakan dikelas IV Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 1 Pageraji yang dilaksanakan dalam proses pembelajaran tematik. Sebelum guru melakukan penilaian, guru melakukan perencanaan terlebih dahulu, dan memperhatikan ciri-ciri penilaian. Proses penilaian dilakukan setiap hari secara terus menerus atau berkesinambungan. Penilaian autentik ,mampu mengungkap hasi lbelajar secara lebih nyata, denganteknikdaninstrumen yang digunakan di kelas IV MI Ma’arif NU 1 Pageraji. Penilaiankompetensisikapmeliputiobservasi, penilaiandiri, penilaianantartemandanjurnal.Penilaiankompetensipengetahuanmeliputiteslisan, testulis dan penugasan, dan penilaian kompetensi keterampilan meliputi unjuk kerja, portofolio, dan proyek. Penilaian ini sesuai dengan kondisidankarakter anaksehingga anak tidak merasa terbebani dengan penilaian yang dilakukan tetapi merasa senang dengan penilaian proses tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Autentik, Madrasah Ibtidaiyah Maarif NU 1 Pageraji Cilongok
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 02 Aug 2016 01:30
Last Modified: 02 Aug 2016 01:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/612

Actions (login required)

View Item View Item