EFEKTIVITAS SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DI MTs SATU ATAP RAUDHOTUT THOLIBIN KEMBARAN BANYUMAS

Nurul, Anwar (2019) EFEKTIVITAS SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DI MTs SATU ATAP RAUDHOTUT THOLIBIN KEMBARAN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NURUL ANWAR_EFEKTIVITAS SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DI MTs SATU ATAP RAUDHOTUT THOLIBIN KEMBARAN BAN.pdf

Download (975kB) | Preview
Official URL: http://repository.iainpurwokerto.ac.id

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kegiatan supervisi dalam tugas dan tanggung jawab serta wewenang yang berat yang dipimpin oleh kepala sekolah dalam rangka mengelola sekolah dan keberhasilan sekolah sangat menentukan oleh kepemimpinannya. Kepala sekolah sebagai supervisor mempunyai peran penting dalam sekolahan yang nantinya bisa memajukan pendidikan melalui pembelajaran, akademik dan juga pendidikan. Namun satu hal yang menjadi sorotan disini adalah Pandangan guru terhadap supervisi yang kadang-kadang cenderung negatif yang mengamsumsikan bahwa supervisi merupakan model pengawasan terhadap guru dengan menekan kebebasan guru. Hal ini perlu untuk menyampaikan pendapat harus dihilangkan. Asumsi ini dipengaruhi oleh sikap kepala sekolah sebagai supervisor seperti bersikap otoriter, hanya mencari kesalahan guru dan menganggap lebih dari guru karena jabatannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaiamana efektivitas supervise kepala sekolah di MTs Satu Atap Raudhotut Tholibin Kembaran Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dimana peneliti terjun langsung kelapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan menggambarkan suatu proses yang terjadi dilapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan tiga langkah analisis data, yang terdiri dari : Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah MTs Satu Atap Raudhotut Tholibin belum sepenuhnya efektif perlu ada upaya dalam perbaikan dan perubahan dalam kegiatannya pada proses pembelajaran. Mengenai tindak lanjut supervisi sudah berjalan dengan baik, dilaksanakan dengan terus membenahi dan meningkatkan agar ke depannya lebih bagus, tindak lanjut supervisi bertujuan agar membantu guru dalam mengembangkan proses belajar mengajar yang baik. Adapun hasil kesepakatan bersama tidak dibukukan secara baik yang menjadikan kurang efektiv dalam menjalankan rencana kegiatan. Sedangkan pelaksanaan supervisi sejauh ini masih belum terorganisasi secara maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MTs Satu Atap Raudhotut Tholibin, Efektivitas Supervisi, Kepala Sekolah
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: K Kristiarso
Date Deposited: 30 Sep 2019 03:26
Last Modified: 30 Sep 2019 03:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6097

Actions (login required)

View Item View Item