GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DI MADRASAH TSANAWIYAH AL ITTIHADIYAH 01 KALIJURANG DAN AL ITTIHADIYAH 02 GALUHTIMUR TONJONG BREBES

Dwi Faiqoh, 1717651040 (2019) GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DI MADRASAH TSANAWIYAH AL ITTIHADIYAH 01 KALIJURANG DAN AL ITTIHADIYAH 02 GALUHTIMUR TONJONG BREBES. Masters thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER, BAB I PENDAHULUAN, BAB V PENUTUP, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (634kB) | Preview
[img] Text
DWI FAIQOH_GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DI MADRASAH TSA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kepemimpinan merupakan sekumpulan dari serangkaian kemampuan dan sifat-sifat kepribadian, termasuk didalamya kewibawaan, untuk dijadikan sebagai sarana dalam rangka meyakinkan yang dipimpinnya agar mereka mau dan dapat melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya dengan rela, penuh semangat, ada kegembiraan bathin, serta merasa tidak terpaksa. Seorang pemimpin tentunya memiliki gaya kepemimpinan masing-masing dalam memimpin, gaya ini tentunya menjadi penting karena merupakan cara seorang pemimpin dalam memperlakukan bawahan. Apabila bawahan memperoleh rasa nyaman maka hal ini akan berdampak bagi organisasi dan akan mempermudah dalam mencapai tujuan organisasi.Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kasus atau metode lapangan. Hasil Analisis menunjukan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah merupakan cara bersikap seorang kepala sekolah ( pemimpin ) dalam memimpin sebuah sekolah dan mempengaruhi anggota untuk mencapai tujuan sekolah. Demikian juga dalam kepemimpinannya kepala sekolah selalu mengikut sertakan bawahan, baik dalam menyelesaikan persoalan maupun dalam pengambilan keputusan. Selain itu Kepala sekolah juga memberikan bimbingan dan arahan kepada bawahan yang bermasalah. Semua usaha tersebut telah berhasil menciptakan suasana yang nyaman dalam bekerja dan terbentuk budaya sekolah yang baik. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa gaya kepemimpinan Kepala Madrasah Al Ittihadiyah 01 Kalijurang yaitu gaya kepemimpinan otoritas dalam pendisiplinan anggota, dan gaya kepemimpinan demokratis dalam hal menyelesaikan masalah dengan musyawaroh mufakat, dan dalam pengambilan keputusan melibatkan anggota yang berprestasi, dan gaya kepemimpinan laizes faire ditemukan dalam memberikan tugas pada anggota yang sudah profesional dan guru berperan sebagai pengambil keputusan. Sedang gaya kepemimpinan di Madrasah Tsanawiyah Al Ittihadiyah 02 menerapkan gaya Demokratis, Kepala sekolah beserta dewan guru dan karyawan saling bekerjasama untuk mencapai tujuan madrasah. Kata Kunci; Gaya kepemimpinan, Kepala Sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Gaya kepemimpinan, Kepala Sekolah.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 16 Sep 2019 02:13
Last Modified: 16 Sep 2019 02:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6075

Actions (login required)

View Item View Item