KONSEP PENDIDIKAN HUMANISTIK DI SEKOLAH CERDIK CENDEKIA BABAKAN KECAMATAN CISEENG KABUPATEN BOGOR

Ray Dita Ikhsani, 1522402115 (2019) KONSEP PENDIDIKAN HUMANISTIK DI SEKOLAH CERDIK CENDEKIA BABAKAN KECAMATAN CISEENG KABUPATEN BOGOR. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL RAY DITA IKHSANI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan pada hari ini merupakan persoalan yang tidak ada hentinya untuk diperbincangkan, terutama pendidikan sering menjadikan peserta didik sebagai manusia asing yang belajar bukan menjadi dirinya sendiri, hal ini disebabkan karena pendidik telah mendidik mereka menjadi manusia lain dan bukan menjadi dirinya sendiri. Manusia pada dasarnya sangat membutuhkan pendidikan yang sebenar-benarnya yang dapat mengubah manusia yang mengerti akan dirinya sendiri yang akan menemukan jati diri manusia itu. Akan tetapi pada era ini pendidikan bukan lagi sebagai sarana untuk mengemban bakat dan potensi yang dimiliki oleh peserta didik tetapi malah menjadikan mereka yang harus tunduk dengan sistem yang ada.Maka dari ituimplementasi dari pendidikanhumanisinilah, sebuahhubungankomunikasidanrelasiantarapihakSekolah, pendidik, pesertadidikdan orang tuaakanterbentuk. Pembelajaran yang terjadidalamkegiatanbelajarmengajarakanmenyenangkan, sehinggapesertadidikdanpendidikakanmemilikihubungankekeluargaan yang baik. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana konsep pendidikan humanistik di SekolahCerdik Cendekia Babakan Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor?Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan konsep pendidikan humanistik di SekolahCerdikCendekia Babakan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dan menggunakan penelitian kualitatif, dengan penyajian data secara deskriptif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah pendiri Sekolah, kepala Sekolah, pendidik dan peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan dalam pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Cerdik Cendekia Babakan dalam perencanaannya dapat dilihat dari visi misi Sekolah tersebut. Adapun mata pelajaran yang ada di Sekolah tersebut memanglah sangat berbeda dengan Sekolah pada umumnya. Dalam proses pembelajaran, konsep yang digunakan oleh pendidik dapat membuat peserta didik merasa nyaman. Pendidikan humanistik Abraham Maslow, Carl Rogers dan Habermas dapat sudah diterapkan oleh pendidik misalnya dengan adanya pendidikan mandiri, pendidikan yang jauh dari ancaman dan pendidikan yang berpusat pada peserta didik. Kata-Kata Kunci: Konsep Pendidikan,Humanistik, Implementasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konsep Pendidikan,Humanistik, Implementasi.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 370.1 Phylosophy and Theory of Education > 370.19 Sociology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 13 Sep 2019 02:33
Last Modified: 13 Sep 2019 02:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6067

Actions (login required)

View Item View Item