PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN MELALU KEGIATAN KEAGAMAAN BAGI ANAK RETARDASI MENTAL DI SMPLB C DAN C1 YAKUT PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS

Ani Septiana Solikhah, 1522402003 (2019) PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN MELALU KEGIATAN KEAGAMAAN BAGI ANAK RETARDASI MENTAL DI SMPLB C DAN C1 YAKUT PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
ANI SEPTIANA SOLIKHAH_PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI KE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (853kB)
[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (396kB) | Preview

Abstract

SMPLB C dan C1 YAKUT Purwokerto Kabupaten Banyumas merupakan sekolah yang didirikan bagi anak berkebutuhan khusus keterbelakangan mental atau anak retardasi mental. Anakretardasi mental memiliki tingkat kecerdasan dibawah normal, sehingga untuk mencapai tugas perkembangannya memerlukan bantuan atau layanan secara spesifik, termasuk dalam program pendidikannya salah satunya pembinaan karakter. Penelitian ini bertujuan mengkaji tentang bagaimana pembinaan karakter disiplin melalui kegiatan keagamaan bagi anakretardasi mental di SMPLB C dan C1 YAKUT Purwokerto Kabupaten Banyumas yang menanamkan dan mengembangkan karakter disiplin kepada peserta didik , sehingga peserta didik dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan tiga langkah analisis data , yang terdiri dari: Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan karakter disiplin melalui kegiatan keagamaan di SMPLB C dan C1 YAKUT Purwokerto Kabupaten Banyumas dilaksanakan dengan pendekatan yang berorientasi pada siswa dengan metode hiwar atau percakapan, metode qishah atau cerita, metode keteladanan, metode pembiasaan, dan metode targhib dan tarhib. Pembinaan karakter disiplin yang dilakukan di sekolah ini meliputi disiplin tepat waktu, disiplin mentaati peraturan yang ada di sekolah, disiplin saat mengikuti proses belajar, disiplin sikap dengan menghormati guru, dan disiplin dalam menjalankan ibadah..

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Karakter, SMPLB C dan C1 YAKUT Purwokerto Kabupaten Banyumas.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 School Discipline
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables)
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 10 Sep 2019 04:33
Last Modified: 10 Sep 2019 04:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6048

Actions (login required)

View Item View Item