PENGARUH JENIS KELAMIN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BANYUMAS KABUPATEN BANYUMAS Oleh: Anisa Nur Kholifah 1522407006

Anisa Nur Kholifah, 1522407006 (2019) PENGARUH JENIS KELAMIN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 BANYUMAS KABUPATEN BANYUMAS Oleh: Anisa Nur Kholifah 1522407006. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
ANISA NUR KHOLIFAH_PENGARUH JENIS KELAMIN TERHADAP KEMAMPUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (504kB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah adalah salah satu kemampuan dari berbagai kemampuan Matematika yang harus dikuasai oleh peserta didik. Dengan tingginya kemampuan peserta didik dapat meningkatkan mutu pendidikan khususnya pada mata pelajaran Matematika. Namun pada kenyataannya kemampuan masing-masing peserta didik memiliki berbagai perbedaan seperti beberapa siswa unggul dalam kemampuan berfikir kreatif atau unggul dalam kemampuan pemecahan masalah Matematika itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh jenis kelamin terhadap kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 2 Banyumas Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 2 Banyumas yang berjumlah 458 siswa dari 12 kelas. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Samplingdengan rumus Slovin dan menghasilkan 214 siswa sebagai sampelnya. Data dikumpulkan menggunakan metode dokumentasi dan tes. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis uji t. Hasil dari penelitian ini adalah ada pengaruh jenis kelamin terhadap kemampuan pemecahan masalah Matematika siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 2 Banyumas. Hal ini ditunjukkan dengan perbedaan rata-rata antara perempuan dan laki-laki sebesar 15,51 dan 13,83 dengan nilai t_hitung= 2,476 dan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,014. Karena nilai t_tabel= 1,971 dengan α=5% dandf=n-2, maka t_hitung (2,476)>t_tabel. Artinya H_1 diterima atau ada perbedaan rata-rata antara siswa laki-laki dan perempuan. Kata Kunci: Laki-Laki, Perempuan, Pemecahan, Masalah, Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Laki-Laki, Perempuan, Pemecahan, Masalah, Matematika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 30 Aug 2019 02:10
Last Modified: 30 Aug 2019 02:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6029

Actions (login required)

View Item View Item