UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS Aziz Hidayat NIM. 1423305231

Aziz Hidayat, 1423305231 (2019) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MI DARUL HIKMAH BANTARSOKA PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS Aziz Hidayat NIM. 1423305231. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL AZIZ HIDAYAT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membimbing anak didiknya baik secara individual maupun klasikal, upaya guru dalam hal ini merupakan bentuk usaha yang dilakukan oleh pendidik di tempat-tempat tertentu sebagai usaha kegiatan yang mengarahkan tenaga, pikiran untuk mencapaisuatu tujuan. Upaya juga berarti usaha, akal, ikhtiar untuk mencapai suatumaksud, memecahkan persoalan mencari jalan keluar. Jenis penelitian ini penelitian lapangan dengan metode penelitian kualitatif, subjek penelitian disini guru tematik dan kepala sekolah. Objek penelitian ini upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Lokasi penelitian di MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data penulis menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari tiga alur kegiatanya reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis tentang upaya guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MI Darul Hikmah Bantarsoka Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas dapat disimpulkan bahwa guru sudah cukup baik, dengan cara:1).Menyiapkan fisik dan mentalsiswa dengan melakukan guru mengkondisikan siswa untuk tertib, tenang dan dilanjut guru memerintahkan siswa untuk rolling tempat duduk setelah itu guru meminta siswa memeriksa kerapihan diri dan kebersihan kelas. 2). Meningkatkan konsentrasi belajar siswa dengan cara mengajak siswa untuk tepuk konsentrasi dan dengan hitungan 1,2,3 dan seterusnya,3). Meningkatkan minat dan motivasi Belajar Siswa dilakukan guru dengan memberikan rewad dan memberikan motivasi berupa cerita pengalaman pribadi. 4). Menggunakan strategi belajar menggunakan stategi pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning), strategi belajar Ekspositori dan menggunakan metode pembelajaran ceramah, diskusi, simulasi, penugasan, demonstrasi, experimen, card shot, dan percobaan, 5). Uji hasil belajar dilaksanakan dengan menggunakan tes tertertulis berupa mengejakan soal di buku tematik, tes lisan berupa hafalan, ulangan harian. Kata Kunci : Upaya Guru, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 29 Aug 2019 01:57
Last Modified: 29 Aug 2019 01:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6020

Actions (login required)

View Item View Item