UPAYA MENUMBUHKAN PERILAKU PROSOSIAL PADA ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN PERAN Di TK AISYIYAH KARANGLEWAS KIDUL KECAMATAN KARANGLEWAS KEBUPATEN BANYUMAS

ESTRI PURI TIMBUL NURSIANA, 1522406044 (2019) UPAYA MENUMBUHKAN PERILAKU PROSOSIAL PADA ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN PERAN Di TK AISYIYAH KARANGLEWAS KIDUL KECAMATAN KARANGLEWAS KEBUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL ESTRI PURI TIMBUL NURSIANA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Perilaku prososial merupakan salah satu dasar perkembangan yang harus dimiliki anak, karena sangat diperlukan untuk persiapan diri menjadi anggota kelompok dalam akhir masa kanak-kanak agar mampu beradaptasi dengan lingkungan yang lebih luas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana upaya menumbuhkan perilaku prososial pada anak usia dini melalui bermain peran di TK Aisyiyah Karanglewas Kidul Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya menumbuhkan perilaku prososial pada anak usia dini melalui bermain peran di TK Aisyiyah Karanglewas Kidul Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas. Penelitan ini merupakan penelitian lapangan (field reseacrh) dengan pendekatan kualititaf di TK Aisyiyah Karanglewas Kidul Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas. Objek penelitiannya yaitu upaya menumbuhkan perilaku prososial pada anak usia dini melalui bermain peran. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru, dan orangtua wali murid TK Aisyiyah Karanglewas Kidul. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawacara dan dokumentasi. Metode observasi dengan mengamati kegiatan bermain peran dalam menumbuhkan perilaku prososial pada anak usia dini, metode wawancara untuk mengetahui informasi yang lebih mendalam tentang perilaku prososial pada anak usia dini melalui bermain peran, metode dokumentasi sebagai penunjang dalam penelitian. Analisis datanya meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan bermain peran dalam menumbuhkan perilaku prososial di TK Aisyiyah Karanglewas Kidul, menggunakan model pembelajaran sentra dengan 4 pijakan main yaitu pertama pijakan lingkungan main, kedua pijakan sebelum main, ketiga pijakan saat main, keempat, pijakan setelah main.Perilaku prososial yang tumbuh melalui bermain peran diantaranya kerjasama, meniru, persaingan, empati, perilaku akrab, disiplin, toleransi, dan perilaku sopan.Faktor yang mempengaruhi perilaku prososial pada anak usia dini di TK Asisyiyah Karanglewas Kidul yaitu orangtua, guru, dan teman sebaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Prososial, Anak Usia Dini, Bermain Peran
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.321 Bustanul Atfal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 28 Aug 2019 01:40
Last Modified: 28 Aug 2019 01:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/6001

Actions (login required)

View Item View Item