PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs MA`ARIF NU 1 KARANGLEWAS KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS Rahmawati Utami

Rahmawati Utami, Rahmawati (2015) PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs MA`ARIF NU 1 KARANGLEWAS KECAMATAN KARANGLEWAS KABUPATEN BANYUMAS Rahmawati Utami. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
Abstrak.docx

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
Cover, Bab I, Bab V, Daftar Pustaka.pdf

Download (644kB) | Preview
[img] Text
RAHMAWATI UTAMI_1123301104.pdf
Restricted to Registered users only

Download (841kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII di MTs Ma`arif NU 1 Karanglewas. Dengan pendekatan saintifik, pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam diharapkan dapat melatih daya kritis peserta didik dalam memahami fakta sejarah secara benar serta dapat mengembangkan kemampuan peserta didik dalam mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah Islam, meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan megaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek, seni, dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII di MTs Ma`arif NU 1 Karanglewas kecamatan Karanglewas kabupaten Banyumas. Sedangkan metode analisis data yang penulis gunakan meliputi tiga tahap kegiatan yaitu tahap reduksi/ data reduction, tahap penyajian data/ data display, dan tahap penarikan kesimpulan/ conclusion drawing (verivication). Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII di MTs Ma`arif NU 1 Karanglewas sudah sesuai dengan teori yang penulis paparkan di Bab II. Hal ini terlihat dari kegiatan pembelajaran berjalan maksimal, siswa lebih antusias dan aktif ketika mengikuti pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Apabila dilihat dari kemampuan guru dalam menerapkan langkah-langkah pendekatan saintifik, yakni mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dapat diketahui bahwa guru Sejarah Kebudayaan Islam yaitu Izzatul Banati, S.P.d.I dilihat dari kualitas mengajarnya bagus dan sudah memenuhi profesionalisme seorang guru. Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Sejarah Kebudayaan Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 2X0 ??
2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
?? ISLAM ??
?? pd_ag ??
Divisions: ?? tar_ai ??
Depositing User: Lc. M.Hum Nurrohim Nurrohim
Date Deposited: 16 May 2016 08:23
Last Modified: 16 May 2016 08:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/60

Actions (login required)

View Item View Item