MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL AMBARY DUKUHTURI BUMIAYU BREBES

Alfian Tri Kuntoro, 1717651037 (2019) MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL AMBARY DUKUHTURI BUMIAYU BREBES. Masters thesis, IAIN.

[img] Text
ALFIAN TRI KUNTORO_MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)

Abstract

Mutuadalahsebuahperubahan yang memerlukanjangkapanjang.Olehkarenaitu, untukmewujudkansebuahlembagapendidikan yang bermutudiawalidaripeningkatankualitassumberdayanya, khususnyatenagapendidik yang memegangperananpentingdalammembentukpesertadidik yang bermutu.Dalam mewujudkan pendidikan yang bermutu memerlukan sebuah manajemen mutu. Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Ambary Dukuhturi Bumiayu Brebes merupakan sekolah yang menerapkan manajemen mutu pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujan untuk memperoleh gambaran tentang manajemen mutu pendidikan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Ambary Dukuhturi Bumiayu Brebes dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field reserarch) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptip. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, pbservasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan triangulasi data yang terdiri dari: data reduction, data display, dan conclusion drawing. Berdasarkan hasil analisis data terkait dengan manajemen mutu pendidikan ditemukan bahwa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Ambary Dukuhturi Bumiayu Brebes sekolah tersebut merapkan praktek manajemen mutu pendidikan melalui beberapa kegiatan diantaranya melaksanakan perbaikan terus menerus atau kaizen, Sehingga dengan menerapkan perbaikan terus menerus tersebut dalam manajemen mutu pendidikan tersebut akan menjadikan sebuah sekolah yang bermutu. Dari gambaran itulah kemudian muncul konsep sekolah Islam terpadu yang mempunyai tujuan menciptakan anak didik yang mempunyai keseimbangan penguasaan ilmu dunia (seperti sekolah pada umumnya) dan ilmu agama Islam. Dengan kata lain, hadirnya sekolah Islam terpadu mempunyai visi dan misi penggabungan sekolah umum dan sekolah agama (madrasah). Dengan adanya sekolah Islam terpadu, membuat masyarakat menaruh banyak harapan masa depan lebih cemerlang.Dari lulusansekolah Islam terpadudiharapkanmampumencetakgenerasi yang akanmemimpinbangsainidenganakhlakmuliadancerdas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Mutu Pendidikan, Mutu Pendidikan, SDIT Al Ambary
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 School Administration and Management
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 26 Aug 2019 03:47
Last Modified: 26 Aug 2019 03:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5994

Actions (login required)

View Item View Item