PENGARUH MODELPEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN IPS DI MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA

PUPUT PURWITA SARI, 1717631005 (2019) PENGARUH MODELPEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN IPS DI MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA. Masters thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (507kB) | Preview
[img] Text
PUPUT PURWITA SARI_PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING TERHADAP KETERAMPILA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Manusia sebagai makhluk sosial yang tidak dapat terlepas dari orang lain. Oleh karenanya sangat penting bagi setiap siswa untuk dapat berinteraksi sosial dengan baik sehingga tercipta keterampilan sosial yang baik pada diri setiap siswa. Untuk menghadapai era globalisasi agar siswa mampu bersaing maka perlu adanya keseimbangan antara kemampuan kognitif dan kemampuan afektif siswa. Untuk dapat menumbuhkan keterampilan sosial bagi siswa dapat dilakukan melaui proses pembelajaran, seperti pada mata pelajaran IPS. Salah satu model pembelajaran yang dapat membuat siswa berinteraksi secara aktif dengan siswa lainnya sehingga terbentuk keterampilan sosial dan mampu meningkatkan hasil belajar adalah dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching Learning. Permasalah pada penelitian ini adalah berakar pada masalah sosial yang dihadapi anak seperti adanya sikap indivdualistis, egoism, sulit beradptasi dan pemahaman siswa akan suatu konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching Learning terhadap keterampilan sosial dan hasil belajar siswa kelas III di MI Istiqomah Sambas Purbalingga apabila dibandingkan dengan penggunaan model oembelajaran konvensional yang diterapkan disekolah tersebut. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III MI Istiqomah Sambas Purbalingga tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 271 siswa. Jenis penelitian ini adalah adalah penelitian eksperimen dengan desain Pretest-Postest Control Group. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji independent sample t-test untuk uji hipotesis karena sampel berdistribusi normal dan homogeny. Selanjutnya untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dilakukan analisis uji t data N Gain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching Learning tehadap keterampilan sosial dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Hal tersebut berdasarkan padauji hipotesisyang diperoleh dari hasil uji t keterampilan sosial pada data N Gain skor sebesar Sig. (2-tailed) 0,008 < 0,05 , maka hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan hasil uji t pada hasil belajar diperoleh Sig. (2-tailed) 0,007 < 0,05, maka hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci : Keterampilan sosial, Hasil Belajar, Contextual Teaching Learning, dan IPS.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan sosial, Hasil Belajar, Contextual Teaching Learning, dan IPS.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 23 Aug 2019 07:15
Last Modified: 23 Aug 2019 07:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5985

Actions (login required)

View Item View Item