PendidikanKarakter: InternalisasiNilai-NilaiToleransiBeragamadalamPembelajaranPendidikan Agama Islam di SMK YosSudarsoSokarajaKabupatenBanyumas

Ade EkaPradana, 1522402050 (2019) PendidikanKarakter: InternalisasiNilai-NilaiToleransiBeragamadalamPembelajaranPendidikan Agama Islam di SMK YosSudarsoSokarajaKabupatenBanyumas. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
Ade Eka Pradana_PENDIDIKAN KARAKTER INTERNALISASI NILAI-NIL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (317kB) | Preview

Abstract

Karaktermerupakancaraberpikirdanberperilakuseseorang di lingkunganmasyarakat, akardariseseorangmenjalinkomunikasi yang baikuntukhidupdanbekerjasama di lingkunganmasyarakat. Bertoleransisalahsatuusahadarimenjaganilai-nilaikaraktergenerasibangsasupayaterjalinkomunikasi yang baik di masyarakatdanmenanamkannilai-nilaikaraktertoleransidalamdirisetiapindividu.Persoalanutamadalampenelitianiniadalahkegiatan-kegiatan yang diprogramkanoleh SMK YosSudarsoSokarajaKabupatenBanyumassebagaikontribusimenginternalisasinilai-nilaitoleransiberagama. Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan SMK YosSudarsoSokarajadalammenginternalisasikannilai-nilaitoleransiberagamadalampembelajaranPendidikan Agama Islamuntuk guru, staf, pesertadidik.Penelitianinibersifatdeskriptif-kualitatif.Pengumpulan data menggunakanmetodeobservasi, wawancara, dokumentasi.Sedangkanmetodedalammenganalisis data yaitudenganmereduksi data, menyajikan data, meverifikasi data, danmenyimpulkan data. Hasildariinternalisasinilai-nilaitoleransiberagama di SMK YosSudarsoSokarajayaitudenganberbagaicaradanstrategiyaitu: 1. Menghargaidanmembiarkanpendirian yang berbedaataubertentangandenganpendiriannyasendiri: a) Memberikanruangdanwaktuuntukmengadakanacaraharibesar Islam, b) Penyediaantempat, alatpraktekberibadah, c) Tadarus al-Qur’an, 2. Mengakuiperbedaandenganmangambilsikappositif: a) Bukabersama, b) Sholatdhuhadansholatdzuhurberjamaah, 3. Halusdanbaikbudibahasadantingkahlakunya: Mengucapkansalam, 4. Menyayangi orang lain dengancara yang selayaknyadan anti bully: Baktisosial, 5. Tidakmemaksakankehendakdanmenghargaiperbedaan: a) Diperbolehkanmemakai hijab, b)Go green, 6. Cintadamai, mengedepankanperdamaiandalaminteraksidengansesama; diadakannyakegiatandoabersama. Dengankegiatan-kegiatan yang diprogramkantersebutdiharapkanbisamenjadicontohdalamupayapenanamankaraktergenerasimudauntukbertoleransi di Negara KesatuanRepublik Indonesia ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, ToleransiBeragama, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.332 Aliyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 23 Aug 2019 03:05
Last Modified: 23 Aug 2019 03:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5979

Actions (login required)

View Item View Item