PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP N 4 PURWOKERTO

AULIA NUR FAIZAH, 1522407010 (2019) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLEDGE SHARING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP N 4 PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN.

[img] Text
AULIA NUR FAIZAH_PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
COVER, BAB I PENDAHULUAN, BAB V PENUTUP, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (770kB) | Preview

Abstract

Penelitianini di latarbelakangiolehrendahnyakemampuanpemahamankonsepmatematikasiswa di kelas VII SMP N 4 Purwokerto.Salah satusolusi yang didugadapatmeningkatkankemampuanpemahamankonsepmatematikasiswaadalahdenganmenggunakanstrategipembelajaranActive Knowledge Sharing.Strategiinimerupakansalahsatudaristrategiactive learning yang dapatdigunakanuntukmeningkatkanaktifitasbelajarsiswadengancaraberbagiilmupengetahuan. Strategiactive knowledge sharingmembuatsiswalebihaktifuntuksiapbelajarmateripelajarandengancepatdandapatdigunakanuntukmelihattingkatkemampuansiswadalammembangunkerjasamatimdalammemecahkanpermasalahanpadamateripelajaran. Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhstrategipembelajaranactive knowledge sharingterhadapkemampuanpemahamankonsepmatematikasiswakelas VII SMP Negeri 4 Purwokerto. Jenispenelitianiniadalahpenelitianlapangan (field research) denganmenggunakanmetodeeksperimendengandesainNonequivalent Control Group Design yang diterapkandalampretest-posttest control group design. Populasidalampenelitianiniadalahsiswakelas VII C dan VII D SMP N 4 Purwokerto.Sampelpadapenelitianiniadalahkelas VII C dankelas VII D yang berjumlah 56 siswa.Analisis datamenggunakanuji t danujiN-gain. Berdasarkananalisisdapatdilihatdariujit independent samples test yang terlihatpadanilait hitung (0.642) < t tabel (2.004) maka Ho ditolak, jadikesimpulannyaadaperbedaan rata-rata posttestantarakelaskontroldengankelaseksperimen. Dan untukpeningkatanpadaN-gain, kelaseksperimenmemperoleh rata-rata N-gain 0.62 dankelaskontrol0.55 yang masing-masingdikriteriakansedangkarena0.30 <N-gain<0.70.Untukituhasildari data N-gainmenunjukankelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskontrol. Sehinggaterdapatpengaruhstrategipembelajaranactive knowledge sharingterhadapkemampuanpemahamankonsepmatematikasiswakelas VII di SMP N 4 Purwokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: StrategiActive Knowledge Sharing, PemahamanKonsepMatematika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 22 Aug 2019 07:03
Last Modified: 22 Aug 2019 07:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5962

Actions (login required)

View Item View Item