PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN BUDAYA SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BUSTANUL ULUM PAGUYANGAN BREBES

MAHMUDAH, .1717651046 (2019) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN BUDAYA SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA BUSTANUL ULUM PAGUYANGAN BREBES. Masters thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text
MAHMUDAH_PERAN KEPALA SEKOLAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikanmemilikiperanstrategisuntukmembentukpribadimanusia yang unggul, baikpadadimensikognitifmaupunafektif di antaranyamelaluipengembanganbudayasekolah. Budayasekolahmerupakannilai, norma, caraberpikirdanbersikap yang harusdijunjungtinggiolehsetiapwargasekolahuntukmendukung proses pembelajarandantujuanpendidikan yang telahditetapkan. Keberhasilanpengembanganbudayasekolahantara lain dipengaruhiolehperankepalasekolahdalammengkoordinirparaanggotanya. SMP BustanulUlumPaguyanganBrebessebagai salahsatulembagapendidikantingkatmenengahtelahmampumengembangkanbudayasekolahmelaluiperanaktifkepalasekolahdalammengelolabudaya yang adadenganpendekatanfungsionalmanajerial. Rumusanmasalahpenelitianiniialahbagaimanakahperankepalasekolahdalampengembanganbudayasekolah di SMP BustanulUlumPaguyanganBrebespadatahapperencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, hinggapengawasan. Paradigmapenelitian yang digunakanadalahparadigmapenelitiankualitatifdenganpendekatandeskriptif. Untukmengumpulkan data lapangan digunakanteknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Reduksi data, penyajian data, dan penyimpulanmerupakanteknik yang digunakanuntukmenganalisistemuan. Temuan dalam penelitian ini menunjukkanbahwaperanKepala SMP BustanulUlumPaguyanganBrebesdalampengembanganbudayasekolahdilakukanmelaluiempattahapan, yakni: Pertama, tahapperencanaandilakukandenganmenetapkan tujuan,merumuskan keadaan sekolah,danmengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat untuk pencapaian tujuan yang telahditentukan. Kedua, tahappengorganisasiandilaksanakanmelaluidistribusitugasdanwewenang yang terbagikedalamtugasinti, pelayanankepadamasyarakat, danpembentukanbudayareligius. Ketiga, tahappelaksanaanmelaluipemberian perintah secara jelas dan tepat,pemberianteladandanpembiasaan yang baik, danpenciptaansuasanareligius, baikpadajenisbudayasekolah yang bersifattangible maupunintangibel. Keempat, pengawasanmelaluipengamatansecaralangsungdantidaklangsungdenganmelibatkanpartisipasimasyarakatsecaraaktif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Perankepalasekolah, pengembanganbudayasekolah, fungsimanajerial.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3302 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 22 Aug 2019 02:02
Last Modified: 22 Aug 2019 02:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5951

Actions (login required)

View Item View Item