IMPLEMENTASI AKAD MURĀBAḤAHBIL WAKALAH MELALUI CANVASSING MARKETING DALAM MENINGKATAN JUMLAH NASABAH PADA PEMBIAYAAN MIKRO 200 iB DI BRI SYARI’AH KCP CILACAP

Rafi Hidayat, 1617203079 (2019) IMPLEMENTASI AKAD MURĀBAḤAHBIL WAKALAH MELALUI CANVASSING MARKETING DALAM MENINGKATAN JUMLAH NASABAH PADA PEMBIAYAAN MIKRO 200 iB DI BRI SYARI’AH KCP CILACAP. Diploma thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
RAFI HIDAYAT_IMPLEMENTASI AKAD MURABAHAH BIL WAKALAH MELALUI CANVASING MARKETING DALAM MENINGKATK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Bank adalah lembaga perantara keuangan atau biasa disebut financial intermediary. Bank BRISyari’ah merupakan banksyari’ah terbesar ketiga berdasarkan assetnya yang tumbuh dengan pesat dan baik.Di Bank BRI Syari’ah terdapat pembiayaan mikro merupakan pembiayaan yang menjadi salah satu pilar pertumbuhan bisnis di BRI Syari’ah KCP Cilacap dibandingkan dengan pembiayaan non mikro itu sendiri. Akad yang di gunakan dalam pembiayaan ini adalah murābaḥahbilwakalah yaitu bank memberkan wewenang kepada nasabah untuk melakukan jual beli terhadap barang kebutuhan nasabah dengan melakukan perjanjian wakalah (perwakilan) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi akad murābaḥahbilwakalah dalam meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan mikro 200 iB di BRI Syari’ah KCP Cilacap. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yang dilakukan di lokasi penelitian dengan teknik pengumpulan data. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi pelaksanaan penelitian ini bertempat di Bank Rakyat Indonesia Syari’ah KCP Cilacap. Bank BRI Syari’ah KCP Cilacap dalam melakukan analisis pembiayaan dengan akad murābaḥah bil wakalah dalam meningkatkan jumlah nasabah mikro 200 iB tidak terlalu maksimal dalam pencapaian target bank. Berdasarkan tingkat NOA (Number Of Account) yang selalu naik turun setiap tahunnya, maka bank BRI Syari’ah KCP Cilacap melakukan analisis pembiayaan mikro dengan cara melihat pangsa pasar yang sesuai dengan pembiayaan tersebut supaya dapat meningkatkan jumlah nasabah setiap tahunnya. analisa nasabah lebih teliti dan sesuai kriteria.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Akad MurābaḥahBilWakalah, Pembiayaan Mikro 200 iB, BRI Syari’ah KCP Cilacap
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.22 Pinjam meminjam (Ariyah, Riba, Sewa, Hiwalah, Rahn, Jialah, Asuransi, Dhoman)
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank (BMT)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Perbankan Syariah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 20 Aug 2019 03:37
Last Modified: 20 Aug 2019 03:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5921

Actions (login required)

View Item View Item