STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI MA’ARIF NU KALISALAK KECAMATAN KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS

PUTRI NAZMA MAHARANI, 1717631006 (2019) STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI MA’ARIF NU KALISALAK KECAMATAN KEBASEN KABUPATEN BANYUMAS. Masters thesis, IAIN.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (519kB) | Preview
[img] Text
PUTRI NAZMA MAHARANI_STRATEGI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI MA’ARIF NU KALISALAK KECAMATAN KEBASE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran pada dasarnya merupakan upaya untuk mengarahkan anak didik ke dalam proses belajar sehingga mereka dapat memperoleh tujuan belajar sesuai dengan apa yang diharapkan. Agar tujuan pembelajaran dapat tercapai, harus dirumuskan strategi pembelajaran yang tepat. Kenyataan yang ada di lapangan, masih banyak guru yang menggunakan pembelajaran konvensional pada saat mengajar, di mana semua berpusat pada guru, sedangkan pembelajaran yang berpusat pada siswa masih kurang diterapkan dalam proses pembelajaran. Kondisi seperti ini mengakibatkan siswa menganggap pembelajaran di kelas itu sulit dan identik dengan menghafal teori. Pada akhirnya rasa ingin tahu siswa rendah, siswa menjadi bosan, dan tidak termotivasi untuk belajar. MI Ma’arif NU Kalisalak adalah salah satu sekolah yang sudah menerapkan strategi pembelajaran siswa aktif di kelasnya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang strategi pembelajaran matematika di MI Ma’arif NU Kalisalak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat naturalistik, yaitu metode penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasikan objek apa adanya. Objek dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran matematika di MI Ma’arif NU Kalisalak. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti dalam menganalisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian strategi pembelajaran matematika adalah Penerapan strategi penyampaian pembelajaran matematika yang di terapkan oleh guru kelas dari penelitian tersebutmembuahkan hasil. Siswa menjadi lebih aktif dan tidak malu bertanya lagi. Suasana kelas menjadi lebih hidup dan siswa memahami pelajaran matematika dengan baik dengan pemahamannya sendiri. Penerapan strategi yang merupakan perpaduan antara strategi inkuiri, strategi berbasis masalah, strategi Information Search dan strategi Everyone Is Teacher Here yang dilakukan oleh guru merupakan upaya untuk membuat siswa aktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: strategi, pembelajaran aktifmatematika, MI
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ulfah rulli hastuti
Date Deposited: 14 Aug 2019 01:26
Last Modified: 14 Aug 2019 01:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/5892

Actions (login required)

View Item View Item